Mohon tunggu...
Arya Dewangga
Arya Dewangga Mohon Tunggu... Keep walking!

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030152

Selanjutnya

Tutup

Bola

Tampil Memukau, Dumfries Sukses Bawa Belanda Raih 3 Poin Perdana di EURO 2020

14 Juni 2021   23:21 Diperbarui: 15 Juni 2021   22:54 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tampil Memukau, Dumfries Sukses Bawa Belanda Raih 3 Poin Perdana di EURO 2020
Bola.net

Laga pertama Grup C Euro 2020 menyuguhkan pertandingan seru antara Timnas Belanda vs Timnas Ukraina, Publik sangat menanti kembalinya timnas Belanda di Euro 2020 kali ini setelah negeri kincir angin absen dalam dua turnamen besar terakhir negara negara eropa karena mereka kalah bersaing dengan negara lain. Pada pentas Euro tahun ini Timnas Belanda akhirnya bisa kembali tampil sebagai peserta bersama 23 negara eropa lainnya. Perlu diketahui pasukan Die Oranje, julukan timnas Belanda sebelumnya gagal tampil di Euro 2016 serta gagal lolos ke pentas paling akbar seluruh negara dunia yakni World Cup 2018 di Prancis, kegagalan itu menjadi periode absen terpanjang bagi timnas belanda sejak terakhir pada periode 1980-an. Timnas Belanda mengawali penampilan mereka dipentas resmi kali ini melawan pasukan kuning-biru timnas Ukraina.

Timnas Ukraina sendiri akan menjadi salah satu pesaing kuat pada pentas Euro 2020 kali ini. Pasukan kuning-biru ini sukses melenggang ke fase grup setelah sebelumnya berhasil mendominasi di fase kualifikasi dengan catatan bersih tanpa kekalahan dengan 6 kali menang dan 2 hasil imbang. Hasil ini membuktikan bagaimana piawainya sang pelatih yang juga mantan kapten timnas Ukraina, Andriy Shevchenko dalam meracik komposisi dan strategi permainan. Sosok andriy Shevcenko mampu menggabungkan para pemain muda dan pengalaman yang dimiliki pemain-pemain senior, Shevcenko sukses membangun tim solid yang tak terkalahkan dan mampu mengamankan satu posisi di pentas Euro 2020, timnas ukraina tergabung di grub C bersama timnas Makedonia Utara, Austria, dan juga Timnas Belanda.

Laga antara timnas Belanda vs Ukraina ini digelar di stadion Amsterdam Arena pada Senin 14 juni 2021 dini hari tadi waktu Indonesia barat. Timnas Belanda berhasil keluar menjadi pemenang pada laga ini, mereka mampu menaklukan perlawanan Timnas Ukraina lewat drama sengit 5 gol yang terjadi dibabak kedua. Di awal laga pasukan Frank de boer sempat dibuat frustasi oleh pertahanan anak asuh Andriy Shevchenko. Pasukan Die Oranje sangat sulit untuk menembus barisan lini belakang Timnas Ukraina yang tampil kompak dan rapi. Timnas Belanda membuat peluang pertama pada menit ke-2 lewat sepakan kapten Lyon Memphis Depay, namun tendangan Depay masih mampu dtepis dengan baik oleh kiper Ukraina Georgi Bushchan. 3 menit berselang anak asuh Frank De Boer kembali membuat peluang melalui Denzel Dumfries, namun lagi lagi Georgi Bushchan mampu menepis bola dengan sempurna.

Sosok Georgi Buschan pantas dilabeli bintang di babak pertama, ia tampil memukau sepanjang 45 menit pertama jalannya pertandingan. Ia berhasil membuat total tiga penyelamatan setelah pada ke-39 kembali mampu menggagalkan peluang dari kapten timnas Belanda Georginio Wijnaldum dan menjaga gawangnya tanpa kemasukan gol. Pasukan Frank De Boer terus berusaha menembus lini pertahanan timnas Ukraina. Namun usaha pasukan Die Oranje gagal membuahkan hasil, skor imbang 0-0 menutup jalannya pertandingan pada babak pertama.

Babak kedua berjalan sangat sengit. Strategi yang dijalankan Frank De Boer akhirnya membuahkan hasil, kali ini kapten mereka Georginio Wijnaldum mampu membuka skor 1-0 untuk timnas Belanda dimenit ke 52 setelah memanfaatkan blunder bintang dibabak pertama Georgi Buschan yang tak mampu menepis bola dengan sempurna, sosok Georginio Wijnaldum memang sangat bisa diandalkan untuk bisa mencetak gol selain solid dalam mengawal lini tengah yang merupakan  tugas utamanya. Sampai saat ini koleksi golnya mencapai 22 dan  di antara personel skuad saat ini ia hanya kalah dari ujung tombak belanda Memphis Depay yang sudah mencetak 22 gol. Skor 1-0 tak membuat pasukan Wijnaldum cs puas, serangan demi serangan terus mereka lancarkan ke pertahanan timnas Ukraina. Akhirnya di menit ke 58 mereka berhasil menggandakan keunggulan melalui tendangan keras Wout Weghorst yang sukses menjebol gawang Georgi Buschan untuk kedua kalinya. Gol dari Wout Weghorst sempat diragukan wasit, sang pengadil lapangan mencoba mengecek VAR. Setelah di cek sang wasit tetap mengesahkan gol tersebut, skor 2-0 untuk keunggulan timnas Belanda.

Meskipun tertinggal dua gol tak membuat anak asuh Andriy Shevchenko menyerah begitu saja. Pasukan biru kuning mencoba mengejar ketertinggalan dan akhirnya di menit ke-75 tendangan cantik kaki kiri dari luar kotak penalti yang disepak Andriy Yarmolenko sukses menjebol gawang timnas belanda yang dikawal Maarten Stekelenburg untuk memperkecil ketertinggalan. Gol dari Andriy Yarmolenko berhasil menambah gairah pasukan biru kuning, hasilnya 4 menit kemudian tepatnya menit ke 79 timnas Ukraina mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui sundulan Roman Yaremchuk memanfaatkan assist dari Ruslan Malinovskiy

Skor imbang 2-2 membuat pertandingan semakin memanas. Pasukan Die Oranje yang sempat unggul dua gol kembali mencoba untuk melancarkan serangan ke pertahanan timnas ukraina. Usaha pasukan Die Oranje tak sia-sia, mereka berhasil mencetak gol ke gawang georgi Buschan untuk ketiga kalinya melalui tandukan Denzel Dumfries menyambut umpan silang Nathan Ake di menit ke 85 sekaligus membawa timnas Belanda kembali unggul 3-2 atas timnas Ukraina. Hingga peluit panjang dibunyikan skor tak berubah, Pasukan Die Oranje keluar sebagai pemenang di pertandingan ini, sosok Denzel Dumfries menjadi Man Of The Match dilaga kali ini berkat penampilan memukaunya.

Kesuksesan  mengalahkan timnas Ukraina membuat anak asuh Frank De Boer kini  menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup C. Pasukan De Oranje mengoleksi tiga poin. Namun mereka berada di bawah Austria yang juga meraih tiga poin setelah menang 3-1 di atas Makedonia Utara dilaga sebelumnya.

VIDEO PILIHAN