Mohon tunggu...
Arya Dewangga
Arya Dewangga Mohon Tunggu... Keep walking!

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030152

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apakah Proyek Jalur Lintas Selatan Yogyakarta dan Sekitarnya Akan Berlanjut?

19 April 2021   22:21 Diperbarui: 22 April 2021   00:00 125 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Proyek Jalur Lintas Selatan Yogyakarta dan Sekitarnya Akan Berlanjut?
Bisnis Tempo.co

Mungkin sebagian dari kalian tidak asing asing dengan kabar macetnya proyek pembangunan JJLS beberapa tahun terakhir. Ya, jalan jalur lintas selatan (JJLS) dari Banyuwangi menuju Pacitan sejauh 677,489kilometer memang belum terhubung sepenuhnya. Pemudik yang memiliki kampung halaman di Pacitan bisa dibilang cukup beruntung. 

Jalur dari Trenggalek ke kota kelahiran Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu sudah tuntas dan tersaji begitu indah. Selama ini di Pulau Jawa, terutama di Jawa Timur, lebih banyak familiar dengan Jalur Pantura atau Jalur Pantai Utara. Namun, sudahkah anda mencoba jalan jalur lintas selatan yg sedang getol-getolnya dibangun oleh pemprov bersama pemkab setempat.

Dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan "Jalan Jalur Lintas Selatan", telah melakukan mogok kerja dalam kelanjutan pembangunan, khususnya untuk Kota Yogyakarta sendiri juga akan dilewati oleh Jalur tersebut, Pemerintah Kota Yogyakarta membangun rencana dalam kelanjutan proyek sehingga dapat diselesaikan dengan cepat. Pembangunan jalan jalur lintas selatan (JJLS) merupakan salah satu mega proyek yang dilakukan di pulau Jawa. 

Pembangunan JJLS ini sangat dinantikan oleh masyarakat, khusunya masyarakat yang daerahnya dilintasi oleh jalur tersebut. dengan adanya JJLS diharapkan dapat mengurangi disparitas sosial antara wilayah utara jawa timur dan wilayah selatan jawa timur. Selain itu, dengan adanya JJLS juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pembangunan JJLS merupakan pembangunan berjenis multieyears dimana tidak akan bisa terselesaikan dalam jangka waktu satu tahun saja.      

Dalam rencana "Jalan Jalur Lintas Selatan" akan selesai pada 2021 namun karena  efek pandemi Covid-19 membuat rencana kelanjutan mega proyek ini kembali dan mengakibatkan banyak dana dialihkan untuk hal lain, untuk itu Pemprov Yogyakarta mengambil langkah agar pembangunan mega proyek segera selesai , mulai dari meminta Pembangunan Jalan Nasional (PJN) untuk segera mengambil alih proyek, Pemerintah Kota Yogyakarta sangat mendukung pembangunan untuk segera diselesaikan.

Selain potensi wisata alam berupa pantai selatan yang sangat indah, Jalur lintas selatan juga membuka potensi ekonomi industri sektor agro dan perikanan yang menjanjikan. Sepanjang jalur lintas selatan terbentang pantai-pantai yang sangat indah. Pantai-pantai yang dilalui jalur lintas selatan mempunyai corak pasir khas dan gugusan karang yang mempesona. sektor wisata jalan,         secara  otomatis UMKM juga ikut    terdongkrak.

Tahun ini beberapa progres untuk kelanjutan pembangunan "Jalur Lintas Selatan" diluncurkan di bawah perintah Pembangunan Jalan Nasional (PJN) yang dilaksanakan dengan persetujuan Kementerian PUPR. Di Kabupaten Gunung Kidul sendiri, pembebasan lahan telah banyak diperbolehkan dan dimulai dengan rencana melanjutkan Rute yang akan menghubungkan Kabupaten Gunung Kidul dengan Kabupaten Bantul, Pembangunan Jalan Nasional serta membangun Rest Area seluas 3 Hektar, posisi strategisnya dan kawasan tersebut memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Rest area tersebut telah melewati tahap Detail Engineering Design (DED).

Pembangunan askes ini akan menghubungkan Kabupaten Gunung Kidul dengan Kabupaten Bantul dengan pembangunan akses jembatan bernama Jembatan Kretek yang melintasi sepanjang 747,7 meter. Nantinya, jembatan tersebut akan memudahkan mobilitas dan menjadi jalur utama wilayah selatan Provinsi Yogyakarta. "Jalur Lintas Selatan" di Kretek sendiri sudah mencapai tahap pengaspalan, kemudian terhubung lagi dengan Jembatan dengan kawasan   ,Pantai Samas melalui kawasan Kulon Progo yaitu Jalan Daendels.

Dengan dilanjutkannya jalur lintas selatan akan menjadi jalur alternatif bagi beberapa komoditas perjalanan kendaraan darat yang berada di bagian selatan Pulau Jawa. Mulai pemindahan pemerintah dibantu PJN (Pembangunan Jalan Nasional), semakin cepat hasil atau penyelesaian pembangunan "Jalur Lintas Selatan" yang akan menggabungkan Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo. Mega proyek ini akan segera selesai sesuai rencana yang diumumkan oleh pemerintah dan PJN (Pembangunan Jalan Nasional) itu sendiri.

Lamanya pembangunan jalur lintas selatan tersebut memupuskan harapan masyarakat untuk segera menikmati kemegahan mega proyek Jawa Timur di wilayah selatan tersebut. Ditambah lagi dengan keindahan panorama di sisi kanan dan kiri. Bahkan ada beberapa spot di jalur lintas selatan yang langsung dapat melihat keindahan pantai selatan yang biru. Pembangunan jalur lintas selatan tersebut sangat ditunggu oleh masyarakat. Dan seharusnya pemerintah bisa memberikan perhatian yang lebih pada proyek tersebut. Jalur lintas selatan akan memudahkan akses menuju wilayah pesisir selatan Jawa Timur. Dengan aksesbilitas yang semakin meningkat membuat potensi pariwisata juga ikut meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN