Mohon tunggu...
Arya arthallah
Arya arthallah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Lihatlah ilmu sakan-akan seperti melihat mutiara, sehingga mempunyai hasrat untuk mengambilnya

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Covid-19 dan Keamanan Masyarakat

21 Maret 2020   16:49 Diperbarui: 21 Maret 2020   16:57 432 1 1 Mohon Tunggu...

Covid-19 atau corona adalah wabah virus yang berasal dari kontak hewan ke hewan yang berubah menjadi kontak hewan ke manusia. Virus ini dapat terbilang berbahaya, karena belum ada obat yang pasti dalam penyembuhannya dan sangatlah mudah dalam penularannya. Virus yang sedang menjadi isu global dan  sedang dalam penanganan oleh seluruh dunia. 

Tentu saja permasalahan ini menjadi sebuah ancaman sebuah keamanan karena banyak menimbulkan ketegangan dan memberhentikan banyak kegiatan domestic setiap negara. Seperti yang kita tahu virus ini telah memakan banya kerugian dan korban jiwa, hal ini dapat lihat pada media massa yang menyiarkan bagaimana keadaan wuhan, china. 

Selain dari daerah tersebut, kita dapat melihat bagaimana keadaan yang yang terjadi pada italia, bahwa pemerintahannya telah mengeluarkan sistem lockdown karena banyaknya korban yang mencapai 4000 orang tewas, italia melaporkan bahwa rekor terbaru 627 jam tewas dalam 24 jam terakhir. (Indonesia, 2020)

Dengan melihat keadaan negara-negara yang sedang terkena dampak dari bahaya virus corona tersebut, Indonesia seharusnya dapat menentukan langkah yang dalam pencegahan wabah corona ini. Pada tanggal 4 maret 2020 kemarin, Indonesia menerima surat kiriman dari WHO memberikan sejumlah saran untuk pemerintah Indonesia dalam langkah upaya pencegahan yang salah satunya adalah menetapkan status darurat nasional. Akan tetapi langkah yang dilakukan pemerintahan Indonesia belumlah maksimal, seperti yang dapat kita lihat dari hal yang sangat mendasar seperti minimnya masker. 

Belum lagi banyak yang mengambil keuntungan dari mewabahnya virus ini seperti penimbun masker yang menjual mahal masker tersebut. Kurangnya kepekaan masyarakat juga menjadi faktor yang menjadikan penenganan virus corona ini sangatlah kurang. Karena masih banyak masyarakat yang berkeliaran melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa menggunakan masker. Jadi, peran pemerintah yang seharusnya melakukan binaan kepada masyarakat akan bahayanya wabah corona ini masih kurang. Bukan dari pemerintah saja, masyarakat pun banyak yang menganggap remeh persoalan virus ini karena kurangnya pemahaman yang didapat.

Keadaan Indonesia sama seperti keadaan italia yang belum parahnya terkena dampak buruk virus corana ini, seperti yang terjadi di italia, warga italia mempunyai cenderung interaksi yang tinggi dengan orang tua mereka, karena banyak dari warga italia yang tinggal serumah Bersama orang tua mereka yang tak jauh beda dengan keadaan warga Indonesia sekarang. 

Karena adanya interaksi kaum muda di kota-kota yang kemudian virus corona itu didapat dari interaksi di kota yang disinggahinya dan kemudian di bawa kerumah yang menyebabkan orang tua, kakek-kakek dan nenek-nenek tertular virus ini. Persamaan lain yang ada pada warga italia adalah lebih dari 21 persen warga itali adalah perokok yang menjadikannya sangat mudah untuk menjadi terinfeksi. (Dzulfaroh, 20)

seperti yang kita lihat bahwa adanya negara-negara yang telah mengalami banyak kerugian dan korban jiwa, Indonesia diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan virus corona ini dengan serius karena keamaanan masyarakat Indonesia sangat terancam akibat dari Covid-19 atau corona ini.

Nama : M. kedri arya arthallah

Nim : 07041381823182

kelas : studi keamanan internasional (B)

Dosen Pengampuh : Nur Aslamiah Supli, BIAM, M.Sc.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x