Mohon tunggu...
M Rizki Arya Bhayangakara
M Rizki Arya Bhayangakara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Seorang mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan perkulihan dan organsisi serta aktivitas sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Tim P2MD UKM Research and Business Memanfaatkan Teknologi IOT pada Budidaya Maggot di Kelurahan Jabungan

29 September 2022   11:53 Diperbarui: 29 September 2022   12:07 82 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim P2MD UKM Research and Business Universitas Diponegoro memanfaatkan teknologi IoT sebagai aplikasi dari budidaya maggot. Sebagaimana yang kita ketahui, budidaya lalat BSF (Black Soldier Fly) atau budidaya maggot adalah budidaya yang menghasilkan keuntungan baik bagi lingkungan, ekonomi, dan bidang peternakan dan agrikultur.

Akan tetapi pada umumnya budidaya maggot masih dilakukan secara konvensional tanpa melibatkan teknologi sedikitpun, sehingga tentu hal ini sangat disayangkan padahal manusia saat ini sangat berdampingan erat dengan teknologi

Atas dasar inisiatif masyarakat yang berkontribusi dalam memikirkan ide dalam penerapan teknologi monitoring pada budidaya maggot, maka tim P2MD UKM RNB bersama masyarakat kelurahan Jabungan RW 06 merancang alat monitoring sehingga bisa meningkatkan efisiensi dari budidaya maggot.

Fungsi alat yang digunakan adalah sebagai monitoring suhu, kelembaban, dan hama sehingga maggot dapat terhindar dari segala macam resiko kegagalan budidaya. adapun alat ini terhubung dengan IoT sehingga bisa dikendalikan darimana saja dan kapan saja.

Harapan masyarakat Jabungan dengan hadirnya teknologi ini dapat membantu efisiensi produksi maggot untuk meningkatkan perekonomian melalui budidaya maggot.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan