Mohon tunggu...
Arviyan WisnuWijanarko
Arviyan WisnuWijanarko Mohon Tunggu... Advokat dan Konsultan Hukum di Arviyan AND Partners

Manusia biasa yang akan terus menghamba

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Kenikmatan Masuk Surga, Nomor 4 Bikin Kepingin

24 Oktober 2020   19:00 Diperbarui: 24 Oktober 2020   19:02 145 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Kenikmatan Masuk Surga, Nomor 4 Bikin Kepingin
Gambar: Heaven on Light By Bernd Dittrich

Saudaraku seiman, sering kita dalam kehidupan ini merasakan rasanya kekurangan dalam hidup dan kita dituntut untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita terima, dan memang hal itu wajib kita lakukan. Allah ﷻ memberikan kekurangan tersebut agar kita sadar bahwa kita masih membutuhkan-Nya dan tanda bahwa kita hanya bergantung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih.

Ketika kita bekerja, merasakan lelah di cuaca yang panas dan ingin sekali minum minuman yang segar dengan buah-buahan yang manis merupakan sebuah kenikmatan yang mungkin pada saat itu dibayangan kita adalah hal yang paling nikmat. Ketika pakaian yang kita gunakan sudah usang, pasti ingin sekali mengganti pakaian tersebut agar terlihat lebih elegan. Hal tersebut walaupun sebuah kekurangan tetapi harus kita syukuri pemberian dari Allah ﷻ.

Namun tahukah kamu bahwa itu hanya di dunia saja, dan bagi orang-orang beriman dan beramal shalih maka mereka akan bersabar dalam menghadapinya. Bagi orang-orang beriman dan beramal shalih, setelah melewati gerbang kematian mereka akan mendapatkan balasan-balasan yang sangat diinginkan bahkan tidak dapat dibayangkan sebelumnya berupa kenikmatan surga. Tahukah kamu apa saja kenikmatan surga yang dijanjikan Allah ﷻ tersebut? Mari simak setidaknya ada 5 keutamaan surga yang kami rangkum, nomor 4 akan membuat kalian kepingin.

  1. Sungai – Sungai yang Mengalir.

“…Tajrī min taḥtihal anhār…” sudah tidak asing kalimat tersebut kita dengar apabila dibacakan kepada kita, atau malahan ketika kita membaca Al-Quran apabila kita bertemu dengan kalimat tersebut sering kali kita menutup mata karena sudah hafal betul dengan kalimat tersebut. Arti dari ayat tersebut kurang lebih adalah “…sungai-sungai yang mengalir di bawahnya…”

Kalimat tersebut merupakan balasan bagi orang-orang yang beriman yang senantiasa melakukan amal shalih di dunia. Kalimat yang diutarakan oleh Allah ﷻ dalam kitab-Nya untuk memberikan semangat dalam berbuat kebaikan bagi hamba-hamba-Nya yang beriman.

Seperti kita ketahui ayat tersebut turun kepada bangsa Arab yang notabennya wilayahnya sebagian besar merupakan padang pasir sehingga balasan berupa sungai yang mengalir sangat menyejukan hati bagi mereka. Namun kita bangsa Indonesia yang notabennya tinggal juga di daerah yang banyak air, tetap saja merindukan hawa alam dengan gemericik air di bawahnya, benar bukan? Lebih jauh dari itu, Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar menjelaskan bahwa kalimat tajrī min taḥtihal anhār merupakan lambang kiasan dari kesejukan yang membawa ketentraman, nikmat tentramnya tidak akan pernah kering[1].

Sungai yang disajikan oleh Allah ﷻ di surga nanti tidak akan pernah bisa dibayangkan oleh manusia, sebab dalam Al-Quran Surat Muhammad [47]:15, Allah ﷻ akan memberikan pertama yaitu air sungai yang tidak akan berubah rasanya dan akan tetap segar, kemudian yang kedua sungai yang mana mengalir air susu, dan ketiga sungai yang mengalir berupa madu. Untuk yang alergi susu dan madu dijamin tetap bisa meminum air tersebut sepuas mungkin dan tidak akan pernah bosan.

  1. Buah-buahan dan Makanan yang Lezat.

Surga menawarkan air segar yang mengalir dan si peminum tidak akan merasakan bosan meminumnya. Dalam Al-Quran Surat Muhammad [47]:15, selain minuman yang segar juga lezat, di surga juga terdapat buah-buahan yang beragam. Buah-buahan yang ada di surga jenisnya sama dengan buah yang ada di dunia. Buah durian, buah apel, buah pisang dan lainya. Tetapi yang istimewa adalah harum dan rasa buahnya.

Tidak bisa dibayangkan pada saat ini bagaimana rasa dan harumnya buah di surga, dalam tafsir buah yang ada di surga walaupun rupanya sama dengan buah yang ada di dunia harumnya sangat menyengat hingga ingin sekali memakannya sedangkan rasanya jauh beda lezatnya dengan yang ada di dunia[2].

Selain buah, Allah ﷻ juga menyediakan makanan lain, makanan tersebut disediakan di atas piring emas dan kamu akan kekal di dalam surga tidak akan dikeluarkan lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN