Mohon tunggu...
Arvinno Aditia
Arvinno Aditia Mohon Tunggu... Merangkai kepingan

🕛 Kunjungi juga : lpmd-laksanamekar.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemen Menata dan Mengelola

21 September 2020   01:16 Diperbarui: 21 September 2020   01:20 13 2 0 Mohon Tunggu...

Sebetulnya artikel ini hanya ingin berbagi mengenai bagaimana Manajemen Menata dan Mengelola yang nantinya kita sebut tata kelola, sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari di pekerjaan kita, maupun jika punya usaha sendiri.

Tentunya untuk lancar dan nyaman, dalam mewujudkan tata kelola supaya semua berjalan dengan baik, apik dan menarik yang paling penting adalah dimulai dari niat, hehe...

Langkah berikutnya mulailah dengan menyusun rencana. Hal ini penting, agar perjalanan tata kelola tidak "nyasar" dan tidak bercabang kemana-mana. Tuliskan dalam rencana kita :

- APA yang akan ditata

Ini penting sebagai poin pemisah dari banyaknya hal yang akan kita kelola, misal tata kelola keuangan, dokumen dan surat, peralatan, dsb.

- DIMANA lokasinya

Kadang jadi bingung sendiri, saat punya rencana, tapi bingung mau diletakkan dimana, mau konvensional atau sistem aplikasi, tetapkan dengan tepat, agar mudah diambil, dicari dan di akses saat dibutuhkan, apapun yang kita kelola.

- SIAPA saja yang bakal terlibat

Bisa saja rekan kerja, atau terkadang hanya catatan kecil sebagai teman pengingat

- TARGET waktunya

Ini penting, kalau tidak ditetapkan, maka pekerjaan akan terbengkalai, terlupakan dan suka-suka tanpa batas waktu selesai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN