Mohon tunggu...
Arvian ArdiNugraha
Arvian ArdiNugraha Mohon Tunggu... Jurnalis

Mahasiswa UM 2019

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gubug Literasi Masyarakat Dusun Precet

9 Juli 2019   10:00 Diperbarui: 9 Juli 2019   10:01 0 1 1 Mohon Tunggu...
Gubug Literasi Masyarakat Dusun Precet
dokpri

Gubug literasi Dusun Precet merupakan suatu pemberdayaan dasar yang dilandasi oleh berbagai elemen di dalam masyarakat baik yang bersifat kelompok dan individual, bersifat terbuka, suka rela, menyasar semua kalangan dari anak anak hingga dewasa, dari pelajar hingga professional komunitas.

KKN Universitas Negeri Malang memunculkan inovasi gubug literasi ini berasal dari kondisi awal Dusun Precet diketahui belum memiliki fasilitas publik yang dapat mendukung usaha peningkatan minat belajar dan minat membaca masyarakat, seperti perpustakaan desa, pusat pemberdayaan potensi, pusat bermain dan belajar bagi anak.

Selain itu generasi muda di Dusun Precet secara umum adalah lulusan SMP, yang mana setelah lulus dari SMP mereka enggan melanjutkan SMA atau bahkan  kuliah, sehingga tingkat pernikahan usia muda didesa ini sangatlah tinggi. "Dusun Precet adalah salah satu dusun yang ada di Desa Dalisodo yang memerlukan perhatian khusus, maka dari itu saya menetapkan program KB dan tim KKN UM disana agar dapat meningkatkan pengetahuan dan memiliki program-program yang mengedukasi warga sana" ujar ibu Wiji Suliati selaku sekretaris Desa Dalisodo. 

Maka dari itu keberadaan gubug literasi Dusun Precet ini diharapkan dapat digunakan sebagai pusat pemberdayaan dan edukasi warga Dusun Precet, baik dalam aspek pendidikan, Ekonomi, Sosial maupun Budaya.

Selanjutnya, tahapan kegiatan yang dilakukan adalah mempersiapkan sarana penunjang gubug literasi seperti renovasi pos kamling yang dirubah menjadi gubug literasi, kegiatan mengecat gubug, pembuatan rak buku, kumpulan gambar-gambar  pembelajaran, alat permainan edukasi maupun hiasan ruangan lainnya.

Publikasi terkait keberadaan gubug literasi Dusun Precet juga kami lakukan meskipun gubug literasi belum sepenuhnya jadi, tim KKN universitas negeri malang ini melalui lembaga atau komunitas yang ada di Dusun Precet seperti komunitas jamaah dibaiyah dan tahlil, kelompok karang taruna dan komunitas yang lainnya. 

Dengan harapan  keberadaan gubug literasi ini bukan menjadi hal yang asing di mata warga Dusun Precet, selain itu masyarakat bisa segera mengetahui fungsi dan manfaat gubug literasi ini.

VIDEO PILIHAN