Mohon tunggu...
Arundati Swastika W
Arundati Swastika W Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, konsentrasi studi Komunikasi Massa dan D`igital. Sedang belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Mengelola Media Sosial untuk Konten Berita

6 Mei 2020   08:36 Diperbarui: 10 Mei 2020   20:02 362 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengelola Media Sosial untuk Konten Berita
Ilustrasi Sosial Media. Sumber : rencanamu.id

Jurnalisme kini berkembang pesat dengan dukungan teknologi yang modern dan terus berubah setiap saat. Jurnalisme kini bersifat multimedia, dan konten berita pun tidak hanya diunggah dalam media siber; melainkan bisa melalui media sosial juga.

Media sosial merupakan media yang kini digunakan hampir semua orang di dunia. Indonesia sendiri, juga memiliki jumlah pengguna media sosial yang cukup banyak

Diketahui, jumlah pengguna media sosial di Indonesia per 2019, berjumlah sekitar 150 juta orang. Hal ini dengan Facebook sebagai media sosial yang paling sering digunakan, dan memiliki 81 persen penetrasi pengguna.

Data Pengguna Media Sosial. Sumber : Databoks
Data Pengguna Media Sosial. Sumber : Databoks

Adanya data tersebut menunjukkan jika media sosial menjadi sesuatu yang digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia. Maka media sosial pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebagai sebuah media informasi. 

Hal ini didukung dengan studi Yogrt pada 2017, bahwa 79% pengikut survei ini menjadikan media sosial sebagai media untuk memperoleh informasi.

Fakta-fakta tersebut menunjukkan kita jika media sosial kini juga bisa menjadi media penyebaran informasi, dan dalam produk jurnalistik yaitu berita. 

Informasi di internet tidak bisa hanya dibatasi pada media siber, melainkan bisa diperoleh dari media sosial. Media sosial pun bisa juga dihubungkan dengan promosi konten berita di media siber.

Diskusi daring pada Senin (27/4/2020) bersama Social Media Officer Detik.com, Meliyanti Setyorini serta jurnalis detik.com Elza Astari R memberikan perspektif baru mengenai pengelolaan media sosial sebagai hal yang masif; tentunya, untuk mendukung konten berita yang ada di media siber, atau merancang konten informasi lain yang menarik untuk diunggah ke media sosial.

Poster Diskusi Daring. Sumber : Dokumentasi Pribadi
Poster Diskusi Daring. Sumber : Dokumentasi Pribadi

Diskusi mengenai media sosial dan pengelolaannya untuk mendukung penyebaran konten jurnalistik disebut Meliyanti memiliki beberapa tahap yang harus dilalui. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x