Mohon tunggu...
Arundati Swastika W
Arundati Swastika W Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, konsentrasi studi Komunikasi Massa & digital. Sedang belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Sejarah Internet serta Media Online di Dunia dan Indonesia

17 September 2019   12:37 Diperbarui: 17 September 2019   13:16 0 1 0 Mohon Tunggu...
Sejarah Internet serta Media Online di Dunia dan Indonesia
Sumber: reddit.com

Internet kini menjadi sesuatu yang sangat sering digunakan dan cenderung menjadi sumber informasi utama untuk berita, sehingga muncul isrtilah jurnalisme online dengan basis berita di internet. Seperti apa perkembangan jurnalisme online? Berikut pembahasannya.

Perkembangan jurnalisme online tentunya tidak lepas dari perkembangan internet itu sendiri. Internet berkembang sejak tahun 1950an dan terus mengalami kemajuan yang pesat. Menurut Hobbes' Internet Timeline, perkembangan internet dimulai pada tahun 1957 dengan peluncuran Sputnik ke angkasa luar oleh USSR sebagai satelit artifisial pertama di dunia, yang kemudian diikuti oleh pembentukan ARPA (Advanced Research Projects Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk pengembangan di bidang sains dan teknologi yang berguna bagi militer.

"Cikal bakal internet adalah ARPA, yang awalnya ditujukan untuk keperluan militer."

ARPA kemudian mengalami pengembangan dan perubahan menjadi ARPANET, yang dikomisikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk melakukan riset mengenai jaringan sehingga ada pondasi untuk internet sekarang ini.

ARPANET semakin berkembang memasuki tahun 1970an, dengan ditemukannya host serta koneksi yang mulai digunakan di kampus-kampus. Tidak hanya itu saja, ARPANET juga berhasil memiliki koneksi internasionalnya yang pertama. Pada program email di ARPANET pun, dibuat simbol '@' seperti yang kita gunakan sekarang ini oleh Ray Tomlinson.

1980an, ARPANET mengalami sedikit kemunduran karena adanya virus. Pada era ini juga ditemukan BITNET dan dilakukan pengenalan terhadap DNS (Domain Name System) serta adanya TCP/IP. Internet memiliki koneksi yang semakin luas hingga akhirnya dekade 1990an ARPANET menghilang. Ditemukan ponsel internet yang memungkinkan koneksi lebih mudah, serta banyak komunitas yang terhubung secara aktif melalui internet.

Setelah tahun 1990an hingga sekarang, jumlah host internet semakin banyak hingga ribuan. Situs terkenal dan mendominasi di masa kini pun mulai dirilis pada awal tahun 2000an dan semakin interaktif sejak tahun 2010an. Berikut ringkasan infografis mengenai perkembangan internet.

Sumber : Dokumentasi pribadi
Sumber : Dokumentasi pribadi

"Media online mulai berkembang setelah ditemukannya HTML (Hypertext Markup Language)"

Sebelum HTML ditemukan, Ted Nelson, seorang ahli sosiologi dari Harvard merupakan penemu konsep hypertext yang menjadi awal untuk penemuan HTML oleh Tim Berners-Lee pada 1990-an. Konsep hypertext bahkan muncul jauh sebelum ARPA yang memulai perjalanan internet.

Pemberitaan seperti yang kita ketahui tahun 1950 hingga 1960an hanya bergantung pada televisi ataupun radio dan media cetak; itu pun bagi publik. Tahun 1970an, mulai muncul teknologi interaktif untuk berita seperti adanya teletext, videotext, dan komputer. Informasi yang ditampilkan masih sedikit dan harga alatnya pun mahal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x