Mohon tunggu...
Rengganis AlfiaNingrum
Rengganis AlfiaNingrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student of Ahmad Dahlan University

about beauty

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Main Game Kok Disebut Olahraga?

26 Juli 2021   01:58 Diperbarui: 26 Juli 2021   01:58 376 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Main Game Kok Disebut Olahraga?
Sumber : id.techinasia.com

Banyak sekali kemajuan-kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Hampir semua kebutuhan atau pun kegiatan yang kita lakukan tidak terlepas dari kecanggihan teknologi. Genarasi Z sebagai generasi pertama yang secara sah dan meyakinkan sebagai digital native atau generasi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah teknologi digital. Teknologi digital baklah pelengkap bagi Generasi Z, sebab pada generasi sebelumnya yaitu Generasi Y masih kerap sekali menggunakan aneka permainan tradisional mau pun modern.

Apa hal pertama yang dipikirkan jika mendengar kata game online? tentunya sangat menyenangkan dan menyita perhatian. Tapi apakah kemajuan teknologi di era digital bisa dijadikan sebuah cabang olahraga? Tentunya menarik bukan apabila sebuah game bisa menjadi cabang olahraga resmi yang begitu kekinian dan sangat diminati oleh Generasi Z. Cabang olahraga ini dikenal dengan nama esports atau Electronic Sports, pertama kali diresmikan menjadi cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional (KONI) yang dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rekarnas) secara virtual pada 25-27 Agustus 2020 lalu.

Dengan adanya pengakuan ini eport sebagai cabang olahraga resmi dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional atau pun internasional. esports adalah bukti nyata dari pada Generasi Z. Adanya esports sebagai cabang olahraga tentu memiliki sebuah alasan diantaranya terdapat unsur penting dalam olahraga seperti teknik, strategi, serta ketahanan fisik saat bertanding. Hanya bermain game dengan e-sport itu kegiatan yang berbeda, sebab ketika bermain game kita hanya meluangkan waktu tanpa tujuan sementara esport adalah profesi yang memiliki tujuan dan benefit yang jelas pula.

Sebenarnya, industri esport sudah berkembang di Indonesia sejak awal tahun 2012,  namun baru dapat dilihat dan mulai naik dengan pesat pada akhir tahun 2013. Pada kala itu tim-tim esport masih merupakan tim kecil yang dibuat oleh suatu komunitas sendiri untuk mengikuti turnamen yang ada di tingkat nasional maupun di tingkat Internasional. Saat ini perkembangan tim esports yang ada di Indonesia sudah banyak sekali dan menjadi tim esport profesional yang dikelola dengan baik oleh pemiliknya.

Maraknya minat masyarakat terhadap esport membuat Indonesia menjadi salah satu negara pencetus esports. Saat ini tim esport semakin berkembang dan mengukir banyak prestasi. Bahkan tak jarang tim esports asal Indonesia mengukir prestasi di kancah internasional dan melakukan ekspansi atau buka cabang di luar negeri. Berikut adalah tim esports terbaik yang ada di Indonesia!

EVOS Esport

EVOS Esport ini terbentuk pada tahun 2016 oleh Ivan Yeo dengan game pertamanya yaitu game Dota 2. Saat ini EVOS semakin berkembang dan memiliki tim di setiap game esports di Indonesia. Bahkan EVOS telah membuka cabangnya di Vietnam dan Singapura. Prestasi terbaru yang diukir oleh EVOS Esport adalah menjadi juara di Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring dan menjadi wakil Indonesia di Free Fire World Series (FFWS) 2021 Singapura. Saat ini mereka berencana di Singapura akan membuka sebuah devisi Mobile Lagends dan di Thailand juga akan membuka devisi Free Fire dengan nama EVOS Insight, EVOS MGI, dan EVOS ROV.

Sumber : indosport.com
Sumber : indosport.com

RRQ

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN