Mohon tunggu...
Ahmad Khoirul Huda
Ahmad Khoirul Huda Mohon Tunggu... Pelajar

Bandung...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Kopi

26 Januari 2020   21:05 Diperbarui: 26 Januari 2020   21:31 14 0 0 Mohon Tunggu...

        Secangkir kopi hitam pahit ku nikmati di pagi hari itu, kicauan burung pipit menambah suasana damai saat itu. Kopi memang sangat nikmat jika diminum di pagi hari, atau ketika malam hari sambil mengerjakan segudang tugas. Kedai kopi pun banyak dibuka saat ini, dari yang ternama hingga warung pinggir jalan yang tak kalah soal urusan harga. Saat ku mulai mencium aroma kopi, aku pun terfikirkan apa saja manfaat dari kopi tersebut.

       Kopi yang ku maksud adalah kopi hitam tanpa tambahan gula ataupun krim didalamnya, meski tidak serta merta menghilangkan manfaat dari keaslian kopi, namun mengkonsumsi gula terlalu banyak dapat menimbulkan diabetes. Kopi dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood, menstimulasi fungsi saraf dan menambah energi, meredakan sakit kepala, pencegahan penyakit parkinson dan alzheimer, mengurangi resiko diabetes tipe II. Nah kawan, kopi juga ternyata dapat bermanfaat untuk kecantikan juga lho !, diantaranya adalah untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan mata panda, menjaga kesuburan rambut, mengangkat sel kulit mati, suplemen diet.

      Nah gimana sob, selain berfungsi menghilangkan rasa kantuk yang dilanda ternyata kopi juga banyak manfaat nya yakan. Untuk itu, mari kita mengenal apa saja sih kandungan yang terdapat dalam kopi tersebut.  By the way, kopi hanya ada 2 species yang sering diproduksi dan dikonsumsi oleh masyarakat di dunia yaitu arabika dan robusta. Keduanya memiliki perbedaan pada jenis tanaman dan kondisi tanam. Kopi arabika memiliki biji yang lebih lonjong dan besar dibandingkan dengan robusta. Meski jenis zat yang terkandung di dalamnya sama, namun kadarnya berbeda. Secara garis besar arabika memiliki kandungan kafein dan asam klorogenat yang secara signifikan lebih rendah dari robusta, namun kadar gulanya lebih tinggi. Kafein membuat aroma yang tercium lebih kuat, tapi membawa rasa pahit di lidah. Itu yang membuat kopi arabika terasa tidak sepahit kisah percintaan ku, eh maksudnya kopi robusta.

     Nah, kopi juga memiliki batas anjuran konsumsi, yaitu 3-5 cangkir perhari. So, marilah kita meminum pure coffee kali-kali yakan, agar kita terhindar dari diabetes. Namun, perhatikan juga konsumsi air mineral ya sobat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x