Mohon tunggu...
Muhammad Azry Zulfiqar
Muhammad Azry Zulfiqar Mohon Tunggu... Independent Writer

Coffee, Fee, Fee muhammadazry34@gmail.com Blog: https://horotero.wordpress.com/ Bekerja dan mencuri waktu berselingkuh dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

"Rahasia" yang Identik dengan Hal Buruk

17 November 2020   13:21 Diperbarui: 17 November 2020   13:23 158 5 0 Mohon Tunggu...

Apa yang terbersit dibenak setiap orang jika mendengar kata rahasia? Rahasia dapat diartikan adalah suatu informasi yang diceritakan pada satu kelompok namun disembunyikan dari kelompok lain atau umum

Pastilah yang pertama kali bisa mengundang rasa penasaran, suudzon dan buruk sangka. Berbagai macam orang mulai menerka-nerka dengan caranya masing-masing karena takut dirinya menjadi rahasia tersebut. 

Dibalik istilah yang bernama rahasia pasti timbul juga rasa desakan untuk mencari tahu langsung maupun tidak langsung. Kenapa? karena penasaran itu bagaikan hormon yang bisa diobati dengan jawaban.

Sebesar apapun atau sekecil apapun rahasia itu tidak menjadi masalah. Karena yang jadi masalah itu adalah Besarnya rasa penasaran. Rahasia besar akan menimbulkan jawaban dan respon yang mungkin bisa hebat atau biasa saja. 

Orang boleh berkata"Oh Gitu" atau "Kirain apa" seperti itu. Namun, kenapa hal yang pertama kali timbul ketika mendengar seseorang punya rahasia adalah hal buruk? Rasa penasaran lah yang menjadi jawaban namun yang berperan kedua adalah "takut menjadi objek rahasia tersebut" inilah yang sangat kuat. 

Mengapa? Bayangkan ketika Diri Kita tidak menyadari telah melakukan hal memalukan atau hal buruk yang dimana peristiwa tersebut ditangkap oleh memori orang lain.

Seperti aib, hal buruk dan hal terselubung ataupun hal yang dianggap tidak diinginkan lainnya. Setiap pribadi pasti panik walaupun baru mendengar seseorang mengumumkan punya rahasia. 

Entah mengumumkan dengan rasa humor, rasa serius ataupun kemarahan. Selanjutnya, dalam film atau layar lebar maupun novel juga sering rahasia digambarkan sebagai sesuatu yang mengejutkan dan membuat kaget penonton maupun pembaca. 

Sebagian besar berisi hal-hal yang berisikan "negatif" dan sisanya lebih sedikit "positif" dalam semua itu. Semua itulah yang seakan Kita bawa keluar kehidupan dan tertanam bahwa rahasia itu berisi hal-hal "jahat dan buruk" serta terkesan dibelakang. 

Rahasia tidak akan membuat orang berfikir buruk sangka jika judul narasi nya diubah menjadi "Rahasia Menggambar Unik" atau "Rahasia Sukses" ataupun lainnya yang bersifat edukatif. Tentunya juga yang bersifat publikasi yang judul lebih mengutamakan permainan kata dan bukan orang-per orang atau sosial. 

Sangat harus berhati-hati jika mengumumkan punya rahasia terutama kepada kelompoknya sendiri. Rahasia bukan difungsikan menjadi ancaman namun, rahasia harus terus ditutup. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN