Resume ini ditulis sesuai dengan bab 1 buku "New Media: a Critical Introduction" yang ditulis oleh Martin Lister, dkk.
Media Baru dan Teknologi Baru
1. Studi Media
Saat mempelajari tentang media, yang kita pikirka biasanya adalah organisasi dan orang-orang yang bekerja di media cetak, fotografi, periklanan, film, penyiaran, dan sebagainya. Tahun 1980-an, istilah media baru berbeda dengan sekarang dan perbedaan tersebut tidaklah terbatas.
a.      Pergeseran dari modernitas ke postmodernitas
Hal ini berusaha untuk mengkarakterisasi lebih dalam perubahan struktural di dalam sosial dan ekonomi pada tahun 1960 dengan perubahan budaya timbal balik. Dalam hal estetika dan ekonomi, media baru biasanya dilihat sebagai penanda kunci perubahan tersebut.
b.     Mengintensifkan proses globalisasi
Media baru berfungsi sebagai elemen yang menghubungkan negara dengan batasan batasan yang dimiliki dalam hal perdagangan, organisasi perusahaan, adat dan budaya, identitas dan keyakinan (featherstone, 1990).
c.      Sebuah pengganti, pada usia industri manufaktur 'pasca era informasi industri'
Adanya media baru merupakan cerminan adanya pergantian dari industri manufaktur di negara barat setelah masa reformasi industri yang meliputi pergeseran kerja, keterampilan, investasi dan keuntungan di bidang produksi barang dan pelayanan, dan informasi yang banyak menggunakan media baru yang dianggap mencerminkan
d.     Kemapaman yang terpusat pada sistem tatanan politik
Melemahnya mekanisme kekuasaan dan kontrol dari pusat kolonial Barat, yang difasilitasi oleh persebaran, batas-pelanggaran, jaringan media komunikasi baru.