Mohon tunggu...
Artidya
Artidya Mohon Tunggu... assalamualaikum

hallo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berbagi Sesama kepada Masyarakat yang Terkena Dampak Covid-19

27 Januari 2021   10:35 Diperbarui: 27 Januari 2021   10:59 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi Sesama kepada Masyarakat yang Terkena Dampak Covid-19
dok. pribadi

dok. pribadi
dok. pribadi
Munculnya Covid-19 mengejutkan dunia khususnya Indonesia. Asal-mula virus corona menyebar di Indonesia ialah pada awal bulan maret yang lalu. Dinyatakan bahwa di Indonesia terdapat dua orang pasien positif corona, Seorang Ibu berusia 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Mereka berdua sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Sehingga menyebabkan mereka terjangkit virus corona.

Oleh sebab itu Indonesia menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus ini. Di antaranya memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah, menganjurkan Work from Home (WFH), mengalihkan pembelajaran di sekolah menjadi jarak jauh (PJJ), dan membatasi kegiatan yang menimbulkan keramaian.

Hal tersebut tentu saja memiliki dampak terhadap perekonomian masyarakat Indonesia. Dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sehingga mengakibatkan mobilitas perekonomian berhenti dan menurunkan kondisi perekonomian di Indonesia. Akibatnya banyak masyarakat yang kehilangan sumber mata pencaharian. Hal tersebut akhirnya berdampak pada penurunan sumber pendapatan masyarakat.

dok. pribadi
dok. pribadi
Oleh karena itu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka. Kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Kegiatan dilakukan di lingkungan RT 02 RW 07 Kelurahan Rawajati Pancoran, Jakarta Selatan pada hari Minggu, 10 Januari 2021.

Kegiatan ini berupa pemberian bantuan sembako dan uang tunai untuk kaum dhuafa. Salah satu masyarakat yang menjadi target untuk diberikan bantuan oleh kelompok 6 yaitu keluarga Bp.Ernadi. Bp. Ernadi berusia 63 tahun, dengan keseharian bekerja sebagai pencari barang bekas, dengan penghasilan 10 ribu – 20 ribu sehari. Kami memberikan beliau paket sembako dan uang tunai. Bp. Ernadi dan istrinya merasa senang dan berterima kasih kepada Kelompok 6. Kegiatan ini diselenggarakan oleh 3 orang anggota yang terdiri dari Artidya Pratami, Indra Maya Sakti, Selva Musdhalifah, dan dibantu oleh bapak ketua Rt, dan sekretaris Rt.

Dengan adanya kegiatan ini kami berharap semoga apa yang Kelompok 6  berikan dapat bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban keluarga Bp. Ernadi. Dan semoga dapat meningkatkan rasa peduli kepada sesama untuk mahasiswa.

VIDEO PILIHAN