Mohon tunggu...
Artani Hapsari
Artani Hapsari Mohon Tunggu... Psikolog - Psikolog Klinis

Berpraktik sehari-hari di Lembaga Psikologi Insania Indonesia Gresik. Tertarik pada bidang ilmu psikologi, terutama psikologi remaja dan dewasa awal. Semoga tulisan yang saya bagikan dapat bermanfaat :)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cuma Nonton Pertandingan Olahraga Bikin Sehat, Kok Bisa?

21 Januari 2021   00:14 Diperbarui: 21 Januari 2021   00:24 1000
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di pertengahan Bulan Januari tahun 2021 ini pencinta badminton Indonesia diberikan angin segar dengan disiarkannya pertandingan Yonex Thailand Open 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 12-17 Januari 2021 dan diikuti oleh Toyota Thailand Open 2020 pada tanggal 19-24 Januari 2021 di Bangkok, Thailand. 

Bukan hanya badminton, tetapi beberapa liga sepak bola Eropa juga sudah mulai kembali diselenggarakan dan ditayangkan di televisi lokal seperti Premier League, Seri-A, dan Liga Spanyol. Tayangan pertandingan olahraga ini seolah menjawab kerinduan pencinta tontonan olahraga setelah hampir satu tahun turnamen-turnamen olahraga tidak bisa diselenggarakan karena Pandemi Covid-19.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa badminton dan sepak bola merupakan contoh dari beberapa olahraga yang paling digemari di Indonesia. Berdasarkan data dari Skala Survei Indonesia pada tahun 2020, badminton menempati posisi kedua olahraga yang digemari masyarakat Indonesia sebanyak 18,8% dan di posisi pertama ada sepak bola dengan 47,6%. Posisi ketiga ditempati oleh olahraga voli dengan persentase 12,4%. Jumlah ini belum ditambahkan dengan minat pada olahraga lainnya sebesar 16,3%.

Tulisan ini saya buat dari minat pribadi saya akan tontonan pertandingan olahraga baik nasional maupun internasional. Minat ini berawal dari pengaruh kedua kakak laki-laki saya yang sewaktu saya kecil, mereka adalah penguasa remote tv setiap sore hari, tengah malam, atau akhir pekan. Kedua kakak saya adalah penggemar sepak bola. Mereka tidak hanya menonton dari televisi, tetapi apabila memungkinkan menonton pertandingan tersebut langsung di stadion. Setiap akhir pekan, mereka tidak pernah ketinggalan menyaksikan balapan MotoGP maupun F1.

Hobi ini akhirnya menular kepada saya hingga saya dewasa seperti sekarang, namun tidak semua cabang olahraga yang diperkenalkan tersebut menjadi kegemaran saya. Secara pribadi, saya menikmati menonton balapan MotoGP yang ditayangkan pada Hari Minggu di setiap jadwalnya. 

Selain itu saya juga hobi menonton pertandingan basket dan badminton. Apabila tidak disiarkan di televisi, saya berupaya mencari live streaming di internet agar tidak ketinggalan keseruan pertandingan yang sedang berlangsung. Saya tidak tahu mengapa saya kurang menikmati menonton pertandingan sepak bola. Dugaan saya, mungkin karena temponya yang cenderung lambat dan durasi pertandingan terbilang panjang.

otomotif.kompas.com
otomotif.kompas.com
Saat menonton pertandingan yang seru, saya merasa adrenalin ikut terpacu meskipun saya tidak mengalami sendiri pengalaman berolahraga. Saya masih ingat betul balapan MotoGP yang paling berkesan adalah GP Catalunya 2009 di mana Valentino Rossi berduel ketat dengan Jorge Lorenzo yang adalah rekan satu timnya hingga akhir balapan. Saking serunya, saya berteriak dan telapak tangan saya terasa dingin saat mereka saling menyalip di tikungan-tikungan cepat maupun lambat.

Pertandingan lain yang paling berkesan buat saya adalah IBL seri ke-IV tahun 2016 saat tim basket Aspac berhasil mengalahkan Satria Muda melalui pertandingan overtime. Tim Satria Muda yang saat itu diunggulkan harus mengakui ketangguhan tim Aspac yang memiliki Andakara Prastawa sebagai salah satu shooter andalan mereka. 

Saya juga masih ingat bagaimana jantung saya berdegup kencang karena kedua tim tersebut adalah tim favorit saya. Saya yakin sensasi menonton pertandingan olahraga seperti ini juga pasti dirasakan oleh seluruh penikmat olahraga di seluruh dunia. Perasaan cemas, marah, sedih, dan kecewa meliputi diri penggemar apabila jagoannya mengalami kekalahan. Sebaliknya, ketika jagoan mereka menang luapan kebahagiaan seperti teriakan, pelukan dengan sesama penggemar, atau selebrasi lainnya mengiringi berakhirnya pertandingan.

www.bola.net
www.bola.net
Tidak banyak disadari, kegiatan menonton pertandingan olahraga ini membawa dampak positif bagi kondisi kesehatan mental kita. Sebuah pertandingan yang bagus akan membawa sejumlah keuntungan bagi pikiran dan tubuh penikmatnya karena terdapat hubungan yang positif antara menonton pertandingan olahraga dengan menjaga pikiran agar tetap aktif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun