Mohon tunggu...
Arsyinta Hermadianti
Arsyinta Hermadianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - nama saya Tata

Haloo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Adaptasi Teknologi dengan Mengarahkan Siswa pada Kegiatan Simulasi ANBK

27 Oktober 2021   22:16 Diperbarui: 27 Oktober 2021   22:30 70 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Peserta Kampus Merdeka ankatan 2 membantu guru mengarahkan siswa pada kegiatan simulasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) sebagai adaptasi teknologi di SDN Bakti Jaya 3 Depok yang diikuti oleh siswa kelas 5. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2021.

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau dapat disingkat ANBK ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penilaian terhadap mutu sekolah, agar mampu memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Peserta kampus mengajar angkatan 2 di SDN Baktijaya 3 Depok membantu mengarahkan dan mengawasi siswa dalam kegiatan tersebut, sebagai adaptasi teknologi bagi peserta didik. Nyatanya masih banyaknya siswa yang kurang mahir dalam menggunakan komputer/leptop dikarenakan memang mereka sehari-hari untuk sekolah daring hanya menggunakan smartphone.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dua hari, dan dalam satu hari terdapat 3 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 09.00-10.15 untuk siswa kelas 5A, dilanjut sesi ke dua pukul 10.15-11.30 untuk siswa kelas 5B, dan sesi ke tiga pukul 11.30-12.45 untuk siswa kelas 5C. 

Setiap harinya hanya 10 siswa saja yang hadir untuk melaksanakan kegiatan ANBK ini sebagai perwakilan, mengingat kondisi saat ini yang masih harus mematuhi protokol kesehatan. 

Hari pertama pelaksanaan simulasi ANBK, siswa mengerjakan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) tentang literasi dan dihari terakhir siswa mengerjakan soal tentang numerasi. AKM ini bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi (matematika) siswa.

Dokpri
Dokpri

 

Kegiatan ANBK ini digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengukur kualitas sistem pendidikan pada jenjang pendidikan dasar (SD) dan menengah.evaluasi tersebut menggunakan instrument Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan