Mohon tunggu...
Arsyam Parba
Arsyam Parba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Adpend UPI

Angk. 18

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Mengenali Gaya Belajar dan Menentukan Cara Belajar yang Diminati Anak

29 Juli 2021   18:25 Diperbarui: 29 Juli 2021   18:32 30 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Mengenali Gaya Belajar dan Menentukan Cara Belajar yang Diminati Anak
Dokumen pribadi

Pandemi Covid-19 sudah melanda banyak negara termasuk Indonesia selama satu tahun terakhir. Imbas dari kondisi ini menjalar ke setiap sendi aspek kehidupan manusia. 

Mulai dari ekonomi, kesehatan, dan tak kalah terimbas juga pada bidang pendidikan. Maka, yang perlu bertanggung jawab atas hal ini bukan hanya pemerintah, namun seluruh lapisan masyarakat. 

Dalam bidang pendidikan, yang harus mendukung setiap siswa dalam pembelajaran tidak hanya guru, namun kini peran orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar mengajar anak di rumah sangat menjadi pengaruh besar dalam pencapaian belajar setiap anak.

Dengan terdampaknya aspek-aspek kehidupan oleh pandemi Covid, maka mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata dengan tema Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN tematik MDBPE-MBKM). Dalam kegiatan ini, mahasiswa ikut berkontribusi dalam bidang pendidikan dan ekonomi untuk berupaya menemukan solusi dari setiap masalah yang ditemukan.

img-20210729-083105-61028d0806310e6df07d6762.jpg
img-20210729-083105-61028d0806310e6df07d6762.jpg
Salah satu upaya yang saya lakukan dalam membantu bidang pendidikan yang terdampak Covid adalah dengan mencari tahu gaya belajar siswa serta cara belajar yang diminati oleh siswa. 

Selama lebih dari satu tahun, setiap siswa berjuang belajar mandiri di rumah bersama orang tuanya dan tidak sedikit yang kebingungan dengan cara belajar mandiri seperti ini. 

Setiap siswa pasti berupaya untuk memberikan usaha terbaiknya, sehingga bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Kemudian, setiap orang tua akan melakukan usaha terbaik untuk mendampingi anaknya belajar di rumah. Tetapi di samping itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya anak dan orang tua bisa sama-sama melakukan upaya yang tepat.

Saya Arsyam Parba, salah satu mahasiswa peserta KKN Tematik UPI (MDPE-MBKM) membagikan kuesioner gaya belajar kepada beberapa siswa kelas 8 SMPN 2 Banjaran dengan tujuan setiap siswa dapat mengetahui gaya belajar apa yang dominan pada diri mereka masing-masing. Setelah mengetahui gaya belajarnya masing-masing, siswa menjadi lebih memahami dirinya dalam belajar. 

Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing, begitu pun saat mereka belajar. Pada masa seperti sekarang yang menuntut mereka untuk bisa lebih banyak belajar mandiri, cara belajar yang mereka gunakan akan sangat penting diketahui untuk memudahkan mereka menyerap materi dan informasi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x