Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis

Orang biasa. Tinggal di desa. Masih sedang belajar mengeja aksara.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tentang Anji, Karena Dia di Baliknya Kita Temukan Konsekuensi

4 Agustus 2020   11:06 Diperbarui: 4 Agustus 2020   21:33 130 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tentang Anji, Karena Dia di Baliknya Kita Temukan Konsekuensi
Erdian Aji Prihartono, atau Anji (kompastv)

Nama musikus yang memiliki nama Erdian Aji Prihartono, dan lebih akrab dipanggil Anji, sekarang ini kembali menjadi perhatian.

Tapi bukan karena pemilik nama  yang lebih akrab disapa Anji itu telah merilis lagu terbarunya yang menyusul kesuksesan lagu "Dia" yang sempat hits itu, melainkan karena unggahan videonya di kanal You Tube baru-baru ini telah menjadi viral, sekaligus mengundang kontroversial, yang menimbulkan kegaduhan.

Betapa tidak, postingan Anji yang berupa talk show dengan seseorang yang disebutnya Profesor Doktor Hadi Pranoto, dan mengaku dirinya sebagai ahli di bidang mikrobiologi itu telah menjadi trending topic, lantaran telah menemukan antibodi yang mampu menyembuhkan Covid-19.

Sontak netizen pun bereaksi. Mereka mempertanyakan latar belakang pendidikan Hadi Pranoto, dan jabatan Profesor, maupun gelar Doktor, serta pengakuannya sebagai ketua tim riset Formula Antibodi Covid-19 yang dilakukan oleh yang bersangkutan jauh sebelum munculnya pandemi Covid-19 yang telah banyak memakan korban di berbagai belahan dunia ini.

Tidak hanya netizen saja yang meragukan pengakuan Hadi Pranoto. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun bahkan menyatakan tidak menemukan nama Hadi Pranoto, baik sebagai pakar mikrobiologi maupun ketua tim riset Formula Antibodi Covid-19 yang tergabung dalam organisasi profesi tersebut.

Walaupun You Tube telah menghapus postingan Anji yang baru  beberapa jam ditayangkannya, tapi kegaduhan di tengah masyarakat masih tetap berlanjut.

Anji dan narasumber dalam acara talk show dalam konten yang diunggah di You Tube itu, Hadi Pranoto, dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Cyber Indonesia.

Sebagaimana dikatakan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, sebagai pihak yang melaporkan kasus tersebut, karena akibat konten YouTube Anji tersebut, telah menimbulkan polemik di masyarakat. 

Dengan begitu, Muannas menegaskan Anji harus membuktikan tentang opini publik yang berkembang di masyarakat tersebut dengan melaporkannya ke jalur hukum. 

Akan tetapi terlepas dari kegaduhan yang terjadi akibat dari postingan Anji, maupun klaim seorang Hadi Pranoto yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi, dan telah menemukan formula antibodi pandemi Covid-19, sebagai sesama manusia kita dapat menyerap hikmah dari balik semua kejadian yang menimpa musikus dan "pakar mikrobiologi" bernama Hadi Pranoto yang mengklaim  mengklaim antibodi Covid-19 berbahan herbal penemuannya itu telah diberikan pada ratusan ribu orang di Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan, dan terbukti bisa menyembuhkan. 

Hikmah, atau manfaat yang terkandung dari peristiwa itu di antaranya adalah sikap tanggung jawab. Sebagaimana halnya dengan yang sering dikatakan, berani berbuat harus berani bertanggung jawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x