Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis

Orang biasa. Tinggal di desa. Masih sedang belajar mengeja aksara.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pilkada kota Solo, Apakah Achmad Purnomo Akan Legowo?

17 Juli 2020   21:43 Diperbarui: 17 Juli 2020   21:43 983 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilkada kota Solo, Apakah Achmad Purnomo Akan Legowo?
Bakal calon wali kota yang ditugaskan DPC PDI-P Solo sekaligus Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

Akhirnya putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bersama pasangannya Teguh Prakosa, telah resmi menjadi calon Walikota dan Calon wakil Walikota Solo, Jawa Tengah  setelah mendapat rekomendasi dari DPP PDI-P dalam Pilkada Solo 2020.

Keputusan itu dibacakan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dalam Pengumuman Tahapan II 45 Pasangan Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak, Jumat (17/7/2020).

Hanya saja yang jadi pertanyaan, apakah dengan diusungnya Gibran-Teguh tidak akan ada masalah di kemudian hari. Paling tidak ayah dari Yan Ethes itu misalnya dikalahkan oleh rivalnya yang diusung partai yang lain?

Betapa tidak, karena sebelumnya DPC PDI-P kota Solo bukan pasangan Gibran-Teguh yang diusungnya, melainkan Achmad Purnomo, yang saat ini menjabat wakil walikota Solo,  mendampingi FX Hadi Rudyatmo.

Sementara Gibran sendiri, sebagaimana diketahui maju sebagai calon wali kota dengan mendaftarkan diri melalui DPD PDI-P Jateng karena peluang dirinya untuk maju lewat DPC PDI-P Solo sudah tertutup.

Nama Gibran muncul pertama kali dalam bursa kepala daerah dari sebuah survei yang dilakukan Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Survei dilakukan di 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Survei menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Gibran muncul dengan angka tertinggi dari segi popuparitas.

Dengan angka yang sama juga muncul nama Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo saat ini. Sementara nama Kaesang muncul di urutan ketiga.

Selain Gibran, Kaesang, dan Achmad Purnomo, tidak ada nama lain yang mendapat angka popularitas signifikan di atas 50 persen.

Akan tetapi meskipun menang dari sisi popularitas, Gibran dan Kaesang masih tertinggal dari sisi akseptabilitas dan elektabilitas.

Terlepas dari itu, suami dari Selvi Ananda tersebut kemudian menemui Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang juga ketua DPC PDI-P kota Solo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN