Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis

Orang biasa. Tinggal di desa. Masih sedang belajar mengeja aksara.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Dan Rocky Gerung pun Siap Jadi Menkumham Gantikan Yasonna

4 Juli 2020   19:02 Diperbarui: 4 Juli 2020   19:33 598 12 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dan Rocky Gerung pun Siap Jadi Menkumham Gantikan Yasonna
Yasonna Laoly vs Rocky Gerung (Sumber: Tribunnews.com)

Entah bagaimana jadinya apabila Presiden Jokowi benar-benar membuktikan ancamannya untuk me-reshuffle kabinetnya, dan kebetulan di antara menteri yang dicopotnya itu adalah Menkumham Yasonna Laoly - sebagaimana banyak tuntutan masyarakat terhadap politikus PDIP yang dianggap seringkali bersikap kontroversial ini.

Tapi juga entah bagaimana jadinya apabila Presiden Jokowi memilih pengganti Yasonna Laoly adalah seorang Rocky Gerung yang selama ini begitu dipuja-puja oleh kelompok ormas keagamaan itu.

Betapa tidak, mantan dosen Filsafat Universitas Indonesia tersebut, menyatakan siap jika dirinya diangkat sebagai Menteri Hukum dan HAM, untuk menggantikan politikus PDIP Yasonna Laoly.

Hal tersebut diungkapkan sosok yang selama ini sangat getol mengkritisi pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, saat menanggapi hasil survei yang menyebut dirinya sebagai salah satu figur yang cocok menjadi Menteri Hukum dan HAM.

Adapun survei tersebut diselenggarakan oleh IDNNextLeader dan Rekat Anak Bangsa dengan melibatkan 216 orang responden. 

"Bisa, saya mau (menjadi Menkumham)," kata Rocky menjawab pertanyaan dalam webinar 'Reshuffle: Siapa Layak Diganti dan Menggantikan?' hari ini, Sabtu, 4 Juli 2020.

Rocky pun sesumbar, jika menjabat Menkumham dia akan membubarkan kabinet. Dalam negosiasi dengan presiden menjelang pelantikan, Rocky Gerung akan meminta diberi kewenangan menerbitkan perpu untuk membubarkan kabinet atas nama HAM.

Hanya saja sudah bisa dipastikan, jangankan para pendukungnya, Presiden Jokowi sendiri, mustahil akan melirik seorang Rocky Gerung untuk dijadikan pembantunya di dalam kabinet yang dipimpinnya itu. Terlebih lagi untuk menduduki jabatan menteri bidang hukum. 

Selain latar belakang akademiknya bukanlah bidang hukum - tentu saja, sikapnya selama ini pun yang selalu berseberangan dengan pemerintah dengan bersuara lantang, dan sama sekali tanpa memberikan solusi yang tepat. 

Bahkan sikap maupun yang keluar dari mulutnya, begitu kental dengan kesan sekedar mencari panggung untuk mengangkat namanya sendiri dengan cara-cara yang kontroversi.

Selain seringkali dianggap menghina Presiden Jokowi di depan sebuah acara talk show di sebuah stasiun televisi swasta, RG, demikian Rocky Gerung biasa dipanggil, pernah pula menyatakan bahwa kitab suci adalah fiksi belaka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN