Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis - Panggil saya Kang Adjat saja

Meskipun sudah tidak muda, tapi semangat untuk terus berkarya dan memberi manfaat masih menyala dalam diri seorang tua

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Topik Pilihan Kompasiana yang Mengada-ada?

7 Juni 2020   09:03 Diperbarui: 7 Juni 2020   09:03 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Pexels photo/Min An)

Demikianlah kalimat yang muncul dalam kepala saat membaca Topik Pilihan yang di-up date Kompasiana, Jumat (5/6/2020) kemarin yang mengangkat tema "Kembali Aktif dan Produktif". 

Betapa tidak, karena tema tersebut sepertinya sudah kadaluarsa. Bahkan tampaknya Kompasiana sudah tak perlu untuk mengingatkannya lagi. Sehingga tak terbersit sedikit pun saya untuk ikut membahasnya.

Memangnya selama ini, selama lebih dari tiga bulan mengurung diri di rumah tidak pernah beraktivitas, 'gitu? Hei! Keliru kalau punya sangkaan seperti itu. Mereka yang masih berpikir sehat dan waras, sepertinya sangat paham dengan anjuran pemerintah. Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, diturutinya dengan sadar dan ikhlas. Bahkan sebagian besar di antaranya mengaku produktivitasnya ada peningkatan yang signifikan dari keadaan sebelumnya.

Seperti yang saya alami sendiri. Sebelum memasuki bulan Ramadhan kemarin, aktivitas dan produktivitas ambruk tak karuan. Rasa malas mendekap begitu sempurna, dan gairah lenyap entah ke mana. Kalaupun sekalinya beraktivitas, sepertinya selalu saja dibarengi dengan rasa terpaksa. Paling tidak jangan sampai dianggap sebagai pengangguran yang sama sekali tiada gunanya.

Sungguh. Hal itu benar-benar memalukan memang. Sebagai seorang yang sejak lama meproklamirkan diri sebagai seorang penulis, ternyata saya hanyalah seorang penulis yang hanya mengaku-aku saja. Sementara karya tulisnya masih nol besar ternyata.

Memalukan! Sungguh-sungguh memalukan.

Akan tetapi dengan tibanya bulan Ramadhan, tiba-tiba saja gairah dan semangat untuk menulis menyala kembali. Entah kenapa. Saban hari saya kembali menulis, meskipun saya sendiri mengakui kalau tulisan saya masih begitu-begitu saja. Belum juga ada peningkatannya.

Bisa jadi gairah dan semangat untuk menulis kembali menyala merupakan berkah bulan Ramadhan juga. Bukankah bulan suci bagi umat Islam itu penuh dengan keberkahan, dan Allah telah memberkati diri saya untuk konsisten dengan hobi, atawa apalah namanya yang memang selama ini saya tekuni.

Tapi selain karena mendapat keberkahan dari bulan Ramadhan, saya akan kasih tahu juga kepada kawan sesama Kompasianer, maupun pembaca pada umumnya, bahwa saya bisa kembali bergairah untuk menulis saban hari di Kompasiana, dan di media lainnya, tiada lain karena adanya motivasi dari pengelola, atawa admin Kompasina yang setiap bulan Ramdhan menyelenggarakan event khusus yang diiming-imingi hadiah lumayan besar. Iya event yang sebulan penuh itu. Salah satu di antaranya adalah Samber Kebaikan Lewat Tulisan, Raih Hadiah Jutaan Rupiah!

Terus terang. Saat memasuki bulan Ramadhan banyak kebutuhan yang menuntut harus dipenuhi. Paling tidak bagi orang tua seusia saya, bagi-bagi angpau buat anak-cucu sudah menjadi tradisi yang mau tidak mau kudu dipenuhi juga. Sementara itu kondisi keuangan dalam kantong sudah tidak lagi menjanjikan. Ambyar sudah saya menghadapi lebaran tahun ini.

Eh, karena ada ajakan untuk mengikuti event Ramadhan itu juga, saya berpikir siapa tahu dewi fortuna mau berpihak, dan menclok barang sejenak dalam kehidupan saya (Ngarep!). Setidaknya hadiah pertama dapat saya rebut, maka angpau buat anak-cucu pun bisa jadi bukan angan-angan lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun