Mohon tunggu...
Arsanda Hadriansyah
Arsanda Hadriansyah Mohon Tunggu... Seorang Pelajar

Siswa SMA di Cikarang yang hobby memakan sambal tanpa minum

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengapa Makanan yang Kita Makan Harus Dikunyah?

15 Mei 2019   23:11 Diperbarui: 16 Mei 2019   12:38 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mengapa Makanan yang Kita Makan Harus Dikunyah?
source: http://eplwire.com

Sedari dulu, kita diajarkan oleh ayah dan bunda bagaimana manner makan yang baik dan benar juga elegan. Apakah masih nyantol di sanubari kita tentang apa saja manner yang baik ketika makan? Mari kita mengingatnya sedikit. Mulai dari makan dengan tangan kanan, makan tidak boleh "mengecap" atau menjudge mengunyahnya dengan berisik, dan lain sebagainya.

Namun, terkadang sewaktu kita balita, kita malas untuk mengunyah makanan dan malah makanan yang kita makan "diemut" lalu dikumur-kumur, tidak ingin rasanya makanan ini kita kunyah dan menelannya dengan lapang dada.

Muncul pertanyaan yang melayang-layang di kepala saya. Mengapa kita harus mengunyah makanan yang kita makan? Apa untungnya? Bagaimana kalau tidak dikunyah dan langsung menelannya begitu saja, menelan seada-adanya wujud makanan itu? Mari saya telaah dan menjawabnya menggunakan metode "anabel" alias analisis gembel

Makanan harus dikunyah? Buat apa? Untungnya apa?

Mungkin jawaban dari para ahli gizi adalah "agar mudah dicerna tubuh". HMM... anabel saya punya jawaban lain.

Makanan harus dikunyah agar ketika kita makan, kita terlihat lebih cool atau keren. 

"LHAAAA deneng kayak kui??". YAA, memang seperti itu. Apakah kalian pernah melihat seseorang mengunyah permen karet? Terlihat lebih keren bukan? Saya beri contoh. Pada scene acara Mr. Bean sedang mencuci baju di tempat laundry, Mr. Bean bertemu dengan seorang pria yang sedang mengunyah, saya kira dia mengunyah permen karet. Pria itu pasti menjadi pusat perhatian para penonton, khususnya wanita.

Sedangkan, Mr. Bean juga menajadi pusat perhatian penonton, karena dia tidak sengaja memakai rok milik pelanggan laundry yang lain dan Mr. Bean menjadi bulan-bulanan pria keren itu. Contoh lain dari mengunyah memberi sentuhan karismatik adalah, Sir Alex Ferguson, pelatih legenda Manchester United, juga ada Britney Spears, penyanyi asal Amerika Serikat, pelantun lagu "aduh, aku melakukannya lagi".

Jadi mengunyah akan menambah karisma kita dan itu sangat berkaitan dengan manner saat makan. Kita akan lebih percaya diri ketika makan bersama pacar atau calon mertua.

Apa yang terjadi ketika kita tidak mengunyah makanan kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x