Mohon tunggu...
Ar Rumaisha Putri Silale
Ar Rumaisha Putri Silale Mohon Tunggu... Mahasiswa aktif UNUSA

Diehard,, Century girl 21st

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Masa Depan Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat

25 November 2020   06:55 Diperbarui: 25 November 2020   06:59 15 2 0 Mohon Tunggu...

Nama : Ar-Rumaisha Putri Silale

Nim : 2130020047

Prodi : IKM B

Mungkin kebanyakan dari kita sudah tak asing ketika mendengar kata-kata kesehatan masyarakat.Banyak orang yang menganggap jurusan ini sepele atau bahkan jika mendengarnya hanya sebagai angin lewat. Akan tetapi tahukah kalian bahwasanya jurusan kesehatan masyarakat (public health) sekarang sangat buming di luar negri, banyak orang orang yang sekarang melihat peluang di jurusan ini.

Lalu apa bedanya dengan jurusan kedokteran,perawat,bidan, atau tenaga kerja lainnya? Ternyata prodi yang satu ini "kesehatan masyarakat" sangat berpengaruh besar di dunia kesehtan karena prodi ini tidak hanya mengajarkan seputar bidang kesehatan tapi juga mengajarkan ilmu sosial tentang bagaimaana cara berkomunikasi yang baik dan menjalin hubungan dengan masyarakat.

Berdasarkan definisi kesehatan masyarakat (public health) oleh Prof.Winslow tahun 1920 kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni guna mencegah peyakit, memperpanjang kehidupan, serta meningkatkan kesehatan melalui sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat agar sanitasi lingkungan dan kebersihan perorangan terjaga.

Dalam jurusan kesehatan masyarakat jika dijabarkan secara terperinci dan kompleksnya lagi cabang ilmu ini memiliki 8 pilar yang bisa dipelajari lebih dalam lagi, 8 pilar ini meliputi 1. epidemiologi, 2. statistik kesehatan, 3. administrasi kesehatan, 4. pendidikan kesehatan dan perilaku, 5. kesehatan lingkungan, 6. gizi masyarakat, 7. kesehatan dan keselamatan kerja, dan 8. promosi kesehatan.Pada intinya semua yang dipelajari bertujuan untuk menjaga,melindungi dan mempelajari hubungan manusia dengan lingkungannya dalam bidang kesehatan.

Lalu bagaimana dengan karir lulusan kesehatan masyarakat atau biasanya kita kenal dengan sebutan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM)?apakah memiliki peluang kerja yang luas?

maka jawabannya tentu saja karena cakupan ilmu yang dipelajari di jurusan kesehatan masyarakat sangat luas apalagi dijurusan ini memadukan bidang kesehatan dan seni interaksi sosial.

Kabar gembiranya lagi untuk lulusan sarjana kesehatan masyarakat setelah masa pandemi akibat virus covid-19 sangat banyak dicari dan dibutuhkan.Banyak relawan dari tenaga kesehatan direnggut nyawanya oleh keganasan dari virus corona.

Lulusan sarjana kesehatan masyarakt juga banyak di cari di bidang administrasi kesehatan yang nantinya bisa juga berpeluang sebagai manajer atau bahkan pemilik sebuah rumah sakit karena sekarang jurusan administrasi kesehatan sangat di prioritaskan dalam mengatur manajemen rumah sakit ketimbang lulusan manajemen sebagai pengatur di rumah sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN