Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Brasil Vs Kroasia: Jalannya Pertandingan dan Faktor Kekalahan

10 Desember 2022   01:54 Diperbarui: 10 Desember 2022   02:00 548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mateo Kovacic dikepung pemain Brasil, Richarlison dan Lucas Paqueta di perempat final Piala Dunia 2022. Sumber: AP Photo/Darko Bandic via kompas.tv

Pupus sudah asa Brasil untuk merengkuh Juara Piala Dunia 2022. Setelah bertekuk lutut di hadapan Timnas Kroasia di babak perempat final.

Terkuburnya mimpi Brasil tidak lepas dari kekalahan menyakitkan dari Kroasia lewat adu tendangan penalti dengan skor 2-4 untuk keunggulan Kroasia.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama, Brasil mampu mengurung pertahanan Kroasia. Alhasil D. Livakovic harus berjibaku menghalau serangan Neymar dan kawan-kawan.

Menit ke-4, tendangan melengkung Vinicius berhasil ditangkap Livakovic. Menit ke-20, kembali tembakan Neymar dapat didekap Livakovic.

Skuat Brasil berusaha menjebol gawang Kroasia lewat tendangan bebas pada menit 42. Namun tendangan melengkung Neymar di sudut kiri gawang Kroasia bisa ditangkap dengan baik oleh Livakovic.

Babak kedua, Brasil berusaha membobol gawang Livakovic dari serangan sayap kanan. Tetapi, tendangan Militao yang membentur pemain bertahan dan mengarah ke gawang Kroasia masih berhasil dihalau kaki Livakovic.

Neymar kembali berusaha menusuk dan menyarangkan bola ke gawang Kroasia dari sayap kiri, tetapi lagi-lagi dipatahkan Livakovic dengan kakinya pada menit ke-54.

Gol keunggulan sementara Brasil baru tercipta pada babak perpanjangan waktu. Tepatnya menit ke-105+1 melalui aksi individu Neymar menerobos pertahanan Kroasia dan melewati hadangan Livakovic. Tendangan keras kaki kanan Neymar menggetarkan jala gawang kiri Kroasia.

Pada menit ke-117, Kroasia dapat menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Bruno Petkovic. Memaksa Brasil untuk bertarung lewat adu tendangan penalti.   

Faktor Kekalahan

Prediksi lebih mengunggulkan Brasil memenangkan pertandingan terbukti meleset. Meskipun Brasil hingga menit ke-105+1 unggul tipis dengan skor 1-0. Keunggulan Brasil yang dicetak Neymar mampu dibalas oleh tendangan keras Bruno Petkovic pada menit ke-117.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun