Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kutukan akan Menimpa Brasil?

5 Desember 2022   14:13 Diperbarui: 5 Desember 2022   14:24 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: twitter.com/CBF_Futebol

Masih yakin dengan prediksi jika Brasil akan menjadi Juara Piala Dunia 2022 di Qatar? Tunggu dulu, ada faktor di luar kalkulasi teknis yang bisa membalikkan prediksi.

Brasil, memiliki tim nasional sepak bola pilih tanding. Timnas yang dijuluki "Celecao", artinya orang-orang pilihan. Julukan yang terbukti mampu mengantarkan orang-orang pilihan ini melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Lolosnya Brasil dari fase Grup G tidak lepas dari kemenangan atas Serbia 2-0 (Jum'at, 25/11/2022), Swiss dengan skor 1-0 (Senin, 28/11/2022), dan kalah dari Kamerun 0-1 (Sabtu, 03/12/20222).

Kekalahan Brasil atas Kamerun menimbulkan keraguan kemampuan Brasil untuk mengangkat Trofi Piala Dunia FIFA? Tunggu dulu. Sebab saat kalah dari Kamerun, Brasil menurunkan pemain cadangan.

Artinya, Brasil sengaja menyimpan deretan pemain andalannya untuk lebih menatap babak 16 besar. Akan menggulung Korea Selatan untuk melaju ke babak 8 besar. Menyusul Belanda, Argentina, Prancis, dan Inggris yang lebih dulu menjejakkan kakinya di 8 besar.

Andai nantinya Brasil, Spanyol, dan Portugal melaju ke babak 8 besar menyusul Belanda, Argentina, Prancis, dan Inggris tentu membuktikan prediksi secara teknis terbukti. Bahkan sebagian besar prediksi jelas akan lebih memantapkan pilihan ke Timnas Brasil yang akan muncul sebagai Juara Dunia 2022.

Tetapi, faktor non teknis masih meragukan jika nantinya Brasil muncul sebagai Juara Dunia 2022. Khususnya faktor kutukan yang juga ramai diperbincangkan di jagat media, termasuk Kompasiana.

Faktor kutukan yang dapat menggagalkan Brasil dapat merengkuh Juara Piala Dunia 2022 juga dianggit oleh Rudi Gunawan. Kompasianer pasangan Engkong Felix di dunia aduhai menurut versi mereka berdua.

Om Acekkk, biasa penulis memanggil numerolog ini. Prediksi-prediksi lewat angka-angka ajaibnya mampu membius pemirsa dan terbukti menjurus pada kebenaran prediksi siapa nantinya "Juara Piala Dunia".

Akan tetapi Om Acekkk juga punya kemampuan meragukan. Menurut teropongnya, Brasil bisa gagal juara dunia disebab faktor kutukan. Sebab Brasil yang sekarang berperingkat 1 FIFA dapat mengulang kutukan Spanyol dan Jerman yang gagal merengkuh juara dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun