Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Minyak Goreng Curah, Akankah Tetap Ada dan Murah?

23 Juni 2022   12:07 Diperbarui: 23 Juni 2022   19:19 931 59 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi minyak goreng curah (KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

Siang hari suasana kantor tiba-tiba ramai. Para ibu saling menyodorkan wadah kosong minyak goreng ke salah satu ibu guru. Wadah yang disodorkan tampaknya sudah disiapkan dari rumah.

Usut punya usut, ternyata mereka menitipkan minyak goreng dengan harga murah, seharga 14.000 rupiah/liter. Tetapi, tanpa kemasan seperti yang dijual di toko dan swalayan.

Harga murah yang ditawarkan oleh seorang ibu guru memang bukan kaleng-kaleng (bisa dipercaya). Sebab harga per liter minyak goreng yang ditawarkan lebih murah dibanding harga minyak goreng kemasan yang dijual toko dan swalayan.

Muncul di benak penulis "mengapa harganya murah?" dan "apakah yang dijual minyak goreng curah?". Setelah dikonfirmasi ke ibu guru pengepul, ternyata yang ditawarkan memang betul minyak goreng curah.

Lantas, muncul pertanyaan lanjutan "apa itu minyak goreng curah?" dan "betulkah harganya lebih murah?" Bukan itu saja, masih muncul pertanyaan susulan "apa bedanya dengan minyak goreng yang dijual di toko dan swalayan?".

Mengenal Minyak Goreng Curah dan Harganya yang Lebih Murah

Minyak goreng sangat dibutuhkan saat memasak. Jika tidak ada di dapur, rasanya pasti ada yang kurang untuk kebutuhan memasak.

Bukan hanya itu, minyak goreng juga menyokong produk UMKM di Indonesia. Sehingga memunculkan istilah "gorengan" yang sepertinya istilah ini hanya ada di nusantara.

Minyak goreng dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) diartikan minyak yang dipakai untuk menggoreng, seperti minyak kelapa, minyak jagung, dan minyak kacang.

Minyak goreng merupakan bagian dari sembilan kebutuhan pokok (sembako). Sehingga sangat wajar jika sampai langka di pasaran akan menimbulkan kegaduhan di masyarakat secara luas. Mempengaruhi kebijakan ekonomi di bidang perdagangan. Bahkan bisa menggoyang pemerintahan.

Ilustrasi minyak goreng curah. Sumber: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj/lifestyle.kontan.co.id
Ilustrasi minyak goreng curah. Sumber: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj/lifestyle.kontan.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan