Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pesan Khusus Pak Jokowi, Re-Naturalisasi, dan Target PSSI di Piala Dunia U-20 Indonesia

17 Januari 2022   09:08 Diperbarui: 17 Januari 2022   09:10 7168 57 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Shin Tae-yong di sesi latihan Timnas Garuda. Sumber: twitter.com/PSSI

Shin Tae-yong, coach sepakbola Timnas Indonesia dari Korea Selatan memberi warna beda saat Timnas Garuda tampil di Piala AFF 2020. Dikontrak PSSI hingga Desember 2023.

Perlahan polesan tangan dingin Shin Tae-yong mulai menampakkan hasil positif. Mendapatkan apresiasi dari pecinta Timnas Garuda untuk tetap dipertahankan, meskipun gagal  meraih juara di Piala AFF 2020.

Keberanian "Mourinho Asia" menerjunkan mayoritas pasukan Garuda Muda Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan yang berhasil menembus babak final Piala AFF 2020 patut diacungi jempol. Sebab baru kali ini seorang pelatih tim nasional berani merombak tradisi di Timnas Senior Indonesia.

Tentu ada visi (pengamatan dan wawasan ke depan) yang dilakukan oleh Shin Tae-yong. Membentuk tim sepakbola yang mampu berbicara banyak di kompetisi level manapun. 

Prestasi Shin Tae-yong membawa Seongnam juara Liga Champion Asia 2010, Timnas Korea Selatan U-23 ke Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, U-20 Korea Selatan ke Piala Dunia 2017 di Selandia Baru, menjadi jaminan dan pengalaman lebih untuk ditularkan ke Timnas Indonesia.

Prestasi prestisius juga pernah ditorehkan Shin Tae-yong saat berhasil mengubur impian Jerman mempertahankan gelar juara dunia. Di babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 Rusia, di bawah asuhan Shin Tae-yong, Song Heun-min dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Der Panzer dengan skor 2-0.

Pesan Khusus Pak Jokowi 

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 ibarat mendapat durian runtuh. Menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Indonesia di kawasan Asia Tenggara setelah Malaysia pernah juga menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 1997.

Semua pihak dan tentunya pecinta sepakbola tanah air menyambut senang dan sangat berharap tontonan berkelas ini meskipun level U-20. Sebab sangat dimungkinkan akan banyak tampil talenta muda mendunia yang akan bersinar di masa depan.

Gelaran Piala Dunia U-20 2021 juga tidak luput dari perhatian Pak Jokowi. Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan yang cinta sepakbola, ada harapan besar dari beliau sehingga memberi pesan khusus ke Shin Tae-yong.

Dikutip dari bola.kompas.com, pesan khusus Pak Jokowi ke Shin Tae-yong terungkap saat wawancara di media Korea Selatan, Yonhap, selepas Piala AFF 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan