Mohon tunggu...
ARIF ROHMAN SALEH
ARIF ROHMAN SALEH Mohon Tunggu... Guru - SSM

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Cerpen: Saipul Jamil dan Gang Sapi

9 September 2021   10:06 Diperbarui: 19 September 2021   06:07 833
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: suara.com/alfian winanto

Tiap nama gang punya cerita ihwal lahirnya. Bukan asal sekedar nama. Bahkan ada yang melegenda.

Contoh, Gang Bagong. Nama gang yang dicomot dari nama anak bungsu Semar.

Nama Bagong sempat dibenci penjajah zaman kompeni. Sifatnya yang ceplas-ceplos dimanipulasi para dalang untuk mengkritik VOC pada zaman Kesultanan Mataram (Sumber: Bagong).   

Sifat Bagong yang berani mengkritisi keadaan apa adanya inilah yang diidolakan oleh warga. Sehingga namanya dijadikan sebagai nama gang.

Contoh lain, Gang Sengkuni. Dicomot dari nama tokoh antagonis wiracarita Mahabharata.

Telisik punya mata dan telinga, penamaan Gang Sengkuni karena disinyalir ada seseorang di gang ini yang sifatnya seperti Sengkuni, penuh hasut dan licik (Sumber: Sengkuni). 

Beda lagi Gang Sapi. Nama gang yang begitu melegenda di jagat Kompasiana.

Nama gang yang satu ini begitu lekat di telinga sebagian besar Kompasianer. Begitu melekat di hati penghuni Gang Sapi, khususnya Si Jijay.

Alkisah, dari tutur tinular warga Gang Sapi. Penamaan Gang Sapi disebab adanya Engkong sebagai sesepuh gang yang memelihara seekor sapi jantan. Hanya seekor sapi jantan. 

Si Engkong, warga akrab menyebutnya. Mempunyai kebiasaan unik, setiap hari selalu memeras susu sapi jantannya. Sehingga menghebohkan segenap warga gang dan menjadi tema utama saat kumpul-kumpul di pos ronda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun