Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Merebus Telur Ayam agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas

8 Juni 2021   16:24 Diperbarui: 8 Juni 2021   17:06 417 40 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Merebus Telur Ayam agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas
Ilustrasi telur ayam rebus. Sumber: Karl Allen Lugmayer on Pixabay.com

Telur ayam rebus kaya manfaat untuk kesehatan. Namun sayang, cara merebus telur ayam masih banyak yang gampang pecah dan sulit dikupas. Perlu cara yang tepat agar telur ayam tidak pecah saat direbus dan mudah dikupas.

Telur ayam bisa dimakan dan menyehatkan. Sebagai bahan makanan, telur ayam mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Telur ayam merupakan sumber protein dan dimanfaatkan dalam berbagai jenis formulasi makanan. Putih telur mengandung protein, digunakan oleh binaragawan sebagai pembentuk otot. Kuning telur banyak mengandung lemak, vitamin, mineral, dan sedikit protein, digunakan dalam pembuatan kue karena membuat tekstur lebih halus.

Dikutip dari kompas.com, telur merupakan sumber protein, nutrisi, dan lemak sehat yang sangat baik. Penelitian menunjukkan, telur bisa membantu orang merasa lebih puas dan menghentikan mereka makan berlebihan. Sebuah studi menunjukkan, sekelompok wanita yang makan telur untuk sarapan merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Saat kondisi darurat, telur ayam dapat langsung direbus untuk dimakan. Telur ayam rebus sangat cocok sebagai pendamping sarapan. Dimanfaatkan pula sebagai bekal sekolah dan bekal bekerja di manapun. Pendamping praktis saat keluarga melakukan rekreasi atau wisata edukasi di sekolah.

Mengonsumsi telur ayam rebus memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan tubuh. Dibanding telur dadar atau telur mata sapi, telur ayam rebus dinilai lebih sehat karena tidak ada tambahan lemak selama memasak.

Namun sayang, tidak semua orang tahu cara merebus telur ayam agar tetap utuh atau tidak pecah. Bahkan saat telur dikupas dagingnya masih menempel lekat di kulit telur. Alhasil, telur susah dikupas dalam kondisi utuh lepas dari kulitnya.

Berikut cara merebus telur ayam agar tidak pecah dan mudah dikupas:

  • Cuci telur dengan air bersih. Sisihkan.
  • Sediakan air rebusan secukupnya dalam wadah hingga permukaan telur dapat terendam seluruhnya.
  • Rebus air hingga beberapa saat. Sebelum air mendidih (ditandai dengan munculnya kepulan uap air) masukkan secara perlahan satu-persatu telur ayam berbantu sendok sayur. Caranya, taruh satu telur ayam di sendok sayur dan masukkan ke wadah rebusan satu persatu. Cara ini dimaksudkan untuk menghindari benturan cukup keras antar telur atau dengan wadah rebusan yang dapat mengakibatkan telur retak dan pecah. Merebus telur sebelum air mendidih menghindari pecahnya telur ayam.
  • Rebus telur ayam hingga matang (lebih kurang 10 menit).
  • Angkat wadah dan buang air rebusan telur ayam.
  • Rendam telur ayam di wadah rebusan dengan air dingin. Biarkan kurang lebih 5 menit.
  • Tiriskan telur ayam dan siap dikupas dengan mudah, maka daging telur ayam tidak lagi ada yang lengket dengan kulit telur.

Demikan cara sederhana dan praktis merebus telur ayam agar tidak pecah dan mudah dikupas. Selamat mencoba dan semoga cara ini bermanfaat untuk para pembaca.  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x