Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lebaran di Rumah Saja, 4 Tradisi Ini Masih Diborong!

7 Mei 2021   13:59 Diperbarui: 7 Mei 2021   14:12 682 33 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebaran di Rumah Saja, 4 Tradisi Ini Masih Diborong!
Ilustrasi Memborong Pakaian. Sumber: StockSnap on Pixabay.com

Hari raya Idul Fitri adalah hari istimewa bagi umat Islam. Lekat dengan tradisi pernak-pernik kehidupan untuk merayakannya.

Memborong baju baru, mengecat rumah, mengganti atau menambah furniture, hingga memborong kue dan minuman khas lebaran merupakan tradisi merayakan hari nan fitri.

Apakah salah? Jelas tidak. Bagi umat Islam, Idul Fitri bukan saja dimaknai lahir kembali setelah berpuasa dan beribadah selama bulan Ramadan.

Makna Idul Fitri juga bagaimana berpenampilan baru termasuk berpakaian, tampilan rumah baru, hingga menghormati tamu dengan aneka makanan dan minuman khas lebaran.

Hari raya lekat dengan tradisi memborong aneka kebutuhan lebaran. Berapapun biaya yang dibutuhkan akan mereka keluarkan. Bahkan biaya menyambut dan merayakan lebaran ini sudah jauh disiapkan berupa tabungan khusus.

Apa saja 4 Tradisi yang masih diborong oleh umat Islam? Berikut di antaranya:

Memborong Baju Baru.

Pertengahan bulan Ramadan jalanan mulai padat merayap dengan kendaraan bermotor. Ngabuburit bukan sekedar diisi dengan acara santai menunggu datangnya waktu berbuka puasa.

Menjelang sore pasar, pertokoan, hingga swalayan mulai ramai pembeli. Mereka berburu pakaian baru untuk persiapan menyambut hari raya.

Baju muslim dan pakaian baru keseharian laris manis terjual. Inilah waktu panen raya bagi para pedagang pakaian. Senyum mereka mengembang menyambut pembeli dan menangguk rejeki.

Hari pertama dan kedua lebaran terlihat semua memakai baju baru. Mungkinkah simbolisme memulai hidup baru? Bisa jadi. Asalkan bukan nambah istri baru dan atau suami baru, hehehe...

Suasana beda dengan cat baru. Sumber: Screenshot/lingkarwarna.com
Suasana beda dengan cat baru. Sumber: Screenshot/lingkarwarna.com

Memborong Cat Tembok dan Wallpaper.

Pandemi memang memberikan warna berbeda menyambut dan merayakan Idul Fitri, tetapi tidak ada halangan untuk tetap anjangsana sanak saudara, tetangga, dan kenalan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN