Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Niat Donasi Online? Kenali Liability Protectionnya!

6 Mei 2021   23:25 Diperbarui: 7 Mei 2021   13:00 1121 45 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Niat Donasi Online? Kenali Liability Protectionnya!
Ilustrasi Harapan Donasi Online Pada Pasien Mendesak. Sumber: Screenshot/wecare.id

"Jangan sekali-kali merasa malu memberi walaupun sedikit, sebab tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya". Ali bin Abi Thalib

Apa Itu Donasi Online?

Beramal saleh maknanya luas. Berbagi kebaikan untuk kemaslahatan bersama. Bersimpati bukan sekedar empati.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang dibangun dari gotong royong. Ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, apalagi bangsanya sendiri.

Berbagi kebaikan sudah melekat sebagai jati diri bangsa. Membantu dalam bentuk materi untuk mengurangi rasa susah dan derita orang lain. Bukan sekedar do'a dan tetes air mata.

Sifat gotong royong inilah yang melandasi kedermawanan. Sehingga tidak mengherankan jika PBB  berdasarkan World Happiness Report 2019, meletakkan Indonesia di urutan ke-2 di dunia sebagai negara murah hati dengan 68,7 persen tingkat masyarakat yang menyumbangkan uang ke lembaga amal.

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi berbasis internet semakin mempermudah terhubung dan berbagi kebaikan. Siapapun, kapanpun, dan di manapun dapat ikut andil meringankan rasa susah dan derita orang lain.

Lembaga donasi online menjamur. Memungkinkan berbagai kalangan untuk dapat menghimpun dan menyalurkan bantuan skala kecil dan besar untuk kepentingan sosial.

Di masa pandemi, peran lembaga donasi online meningkat. Hal ini tidak lepas dari semakin meningkatnya peran Generasi X dan Z melakukan donasi online sebesar 72%. (Hasil Riset Kopernik, 2020).

Ilustrasi Pasien Bayi yang Butuh Donasi Darurat. Sumber: Screenshot/kitabisa.com
Ilustrasi Pasien Bayi yang Butuh Donasi Darurat. Sumber: Screenshot/kitabisa.com

Manfaat Donasi Online.

Sebelum era digital, bangsa Indonesia selalu tanggap jika ada penderitaan di sekitar lingkungan. Mereka tidak segan ikut empati dan simpati memberikan sumbangan khususnya berupa materi.

Letak geologi Indonesia sering menimbulkan bencana. Bahkan Indonesia juga mendapat julukan "surga bencana" dalam arti "disenangi" bencana alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN