Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Merindukan "Buah Totok" di Bulan Ramadan, Buah Kesukaan Rasulullah

16 April 2021   22:07 Diperbarui: 16 April 2021   22:10 1028 43 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merindukan "Buah Totok" di Bulan Ramadan, Buah Kesukaan Rasulullah
Ilustrasi Buah Tin. Sumber: alodokter.com

Setiap orang hampir pasti punya sahabat akrab, bukan sekedar teman biasa. Teman yang sangat baik dan mau mengerti maupun berbagi kebaikan.

Bagi sahabat akrab, susah dan senang yang dirasakan oleh teman juga turut dirasakan. Bahkan empati dan simpati betul-betul ke luar dari hati yang tulus.

Sewaktu zaman kuliah di Kota Jember, Jawa Timur, penulis mempunyai seorang sahabat akrab. Totok Hadianto namanya, kelahiran Jember. Dia tinggal di Kecamatan Patrang, sekitaran RSUD Dr. Subandi.

Bagi penulis yang saat itu sebagai pendatang, kehadiran Totok memberi pembeda. Jebolan Fakultas Hukum Universitas Jember ini mempunyai wawasan luas.

Melalui Totok yang pernah bekerja sebagai Kepala Cabang PT. Timor Putra Nasional di Probolinggo, penulis banyak menggali informasi seputar marketing, audit, dan otomotif.

Melalui Totok pula, sekitar tahun 1996, penulis dapat merasakan genggaman hape jadul Nokia 7110. Cuma kurang enak juga numpang nelpon meskipun sahabat karib tidak mempermasalahkan, sebab saat itu biaya nelpon lewat hape masih mahal.

2 Hidangan Buah, Kenangan saat Ramadan

Memasuki bulan puasa (Ramadan), kadang Totok mengajak penulis ke rumahnya untuk berbuka puasa. Totok hanya tinggal bertiga dengan ibu dan pembantunya. Sedangkan dua saudaranya sudah berkeluarga.

Biasanya Totok menyediakan makanan di ruang tengah. Ruang khusus yang memang digunakan untuk tempat bertamu teman-teman Totok yang memang dikenal supel.

Nah, saat berbuka puasa inilah Totok selalu menyediakan dua buah spesial di ruang tengah. Kurma dan buah kecoklatan seperti sawo tetapi bentuknya cenderung seperti jambu air. Penulis tahunya itu buah dari Arab dan tidak tahu persis namanya, sehingga lebih menamakan "Buah Totok".

Setelah era internet, barulah penulis tahu bahwa buah spesial itu bernama "Kurma Ajwa" dan "Buah Tin". Buah kesukaan Rasulullah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Apa Itu Kurma Ajwa?

Kurma Ajwa memiliki beragam manfaat kesehatan. Buah kesukaan Rasulullah ini memiliki warna coklat kehitaman sebagai tanda telah matang dan siap konsumsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN