Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Aman Mengemudi Mobil dan Tip Darurat di Waktu Hujan

5 Januari 2021   20:59 Diperbarui: 5 Januari 2021   21:32 163 44 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aman Mengemudi Mobil dan Tip Darurat di Waktu Hujan
Ilustrasi mengemudi mobil di waktu hujan. Sumber: freestocks-photos on Pixabay.com

Musim hujan perlu disikapi lebih antisipatif saat mengemudi mobil. Jangan sampai terjadi kecelakaan seperti ban slip di jalan yang licin. Bahkan terjadi tabrakan beruntun yang fatal, akibat tidak menjaga jarak yang tepat saat mengemudi.

Berikut tip aman mengemudi mobil di waktu hujan:

1. Jangan Ngebut dan Jaga Jarak. 

Saat hujan kurangi kecepatan saat mengemudi. jalan aspal yang biasa dalam kondisi panas, akan lebih licin jika terkena air hujan. Hal ini dapat menyebabkan ban mobil slip dan menimbulkan kecelakaan jika kurang antisipatif.  

Saat hujan deras, akan banyak genangan air. Aquaplaning yang disebabkan  mengambangnya ban akibat melewati genangan air dapat terjadi. Dikutip dari GridOto.com, tip menghadapi aquaplaning diantaranya:  jangan panik, hindari menekan pedal rem atau pedal gas secara spontan, ikuti arah kemudi sesuai dengan pergerakan mobil hingga ban kembali mencengkeram jalan, dan kurangi kecepatan secara bertahap untuk menghindari terjadinya kembali aquaplaning.

Kondisi jalan yang basah dan licin menuntut pengemudi lebih berhati-hati di jalan. Daya cengkeram ban yang menurun pada kondisi jalan basah menuntut pengemudi sebaiknya jaga jarak dengan mobil di depannya.

Jarak aman antar mobil memungkinkan mengurangi resiko kecelakaan di saat hujan. Semakin jauh jarak antar mobil dengan kendaraan di depan, maka semakin mudah antisipasi terjadinya kecelakaan beruntun.

2. Pastikan Wiper dan AC Berfungsi Normal.

Wiper berfungsi membersihkan kaca depan mobil dari air hujan dan kotoran. Andai saja mobil tidak dilengkapi wiper, maka air hujan dapat mengembun di permukaan. Jelas pandangan pengemudi dapat terhalang. 

Tip agar wiper awet dan lancar menyapu air hujan, gunakan cairan wiper fluid untuk mengisi bak wiper. Cairan ini mengandung sedikit bahan pelicin, sehingga kinerja wiper lebih ringan dan lebih terlindungi. Jika dalam keadaan darurat wiper fluid susah didapat, washer dapat diisi air bersih full tank yang dicampur dengan 1 sachet shampoo.

Air Conditioner (AC) pada mobil adalah sistem yang berguna untuk mengkondisikan atau mengatur udara. Dikutip dari teknik-otomotif.com, terdapat 4 fungsi utama sistem AC pada mobil, yaitu untuk mengontrol temperatur, mengatur kelembaban, mengontrol sirkulasi udara, dan menyegarkan udara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN