Mohon tunggu...
Arolina Sidauruk
Arolina Sidauruk Mohon Tunggu... Pengacara - Waktu itu sangat berharga

Bagai menegakkan benang basah

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Samsat Jalanan

6 Maret 2022   19:40 Diperbarui: 6 Maret 2022   19:46 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 bpprd sumut-sumutprop

Samsat adalah singkatan dari  Sistem Administrasi Manunggal  Satu Atap yaitu sistim yang dibentuk untuk memperlancar pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan  dalam satu gedung, yang didalamnya terdapat 3 (tiga) instansi yaitu Polri,Bapenda ( Badan Pendapatan Daerah ) dan PT Jasa Raharja. Kita pasti lah sudah mengetahui tupoksi  ketiga instansi  tersebut.

Tidak ada maksud untuk memojokkan institusi lain, tapi hal ini murni  saya sampaikan agar teman-teman   mengetahui kemudahan yang saya dapat ini, atau barangkali mungkin saya yang kurang up to  date ya?

STNK mobil saya akan jatuh tempo tanggal 3 Maret 2022, untuk diwakilkan pengurusannya kepada suami katanya tidak bisa, harus orangnya langsung, padahal setahu saya semua sekarang sudah serba digital. Tapi ternyata hal itu tidak termasuk didalam sistim Pelayanan satu Pintu   ( samsat ) yang ada dikota saya.  

Kebetulan  antara waktu mepet dengan waktu sibuk (  jatuh tempo  tanggal 3 Maret 2022 ) bersamaan.  Dan kebetulan pula hari itu adalah libur hari Raya Nyepi, hingga   tanggal tersebut harus terlewat. sementara  tanggal 4 Maret 2022 saya  harus mendampingi anak  ke kampusnya diluar kota  untuk mengisi KRS.   ( saat ini masih daring ) dan waktu pengurusan perpanjang STNK  menjadi jatuh tanggal 5 Maret 2022

cerita pengalaman   disaat berurusan dengan SAMSAT, khusus memperpanjang STNK. Pertama yang harus kita lakukan adalah Foto copi KTP dan STNK, lalu kemudian mengisi formulir  tentang data dan kepemilikan kendaraan kita. 

Sesudahnya kita tanda tangani formulir dan berikan berkas ke pintu satu untuk memperoleh secarik kertas ( katanya pendaftaran ) yang petugas menuliskannya di Map  berisi Formulir tadi. Next   kita ke pintu 2, untuk memberikan map tersebut dan menunggu proses administrasi.  

Nah.........selama menunggu inilah rasa ngantuk dan bosan bercampur menjadi satu. Belum lagi memikirkan pekerjaan yang lain yang tidak bisa diwakilkan. intinya untuk berurusan di SAMSAT harus meluangkan waktu sehari agar urusan sampai tuntas. Selang beberapa lama nama kitapun dipanggil kembali untuk pembayaran biaya (pajak) di loket Bank yang sudah ada di SAMSAT tersebut.

Disini juga perjuangan belum selesai, sebab kasir nya agak gemulai dan kurang gesit menurut saya,  duduk ngantri diloket pembayaran inipun memakan waktu hitungan jam dan mengundang ngantuk. 

Maka lengkaplah sudah penderitaan kita yang menunggu realisasi perpanjangan STNK . Nah ...... pengalaman tersebutlah yang  sudah menjadikan saya trauma, saya jadi enggan berurusan kesana. 

Tapi. ternyata saat ini ada pelayanan yang sangat simple, yaitu   Pelayanan SAMSAT Propinsi,   menggunakan Mobil  dengan perangkat pelayanan untuk masyarakat.   

Disana juga ada Bank yang mereka hunjuk  untuk  memperlancar proses pelayanan. Saya jadi malu. Kog saya baru lihat dan belum pernah menggunakan jasa ini? padahal ada didepan mata.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun