Mohon tunggu...
Arolina Sidauruk
Arolina Sidauruk Mohon Tunggu... Baca dulu baru rating

Kepo

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

WhatsApp Meringankan Pekerjaan

12 Juni 2020   00:30 Diperbarui: 18 Juni 2021   01:20 27 1 0 Mohon Tunggu...

Kalau ingat jaman yang tidak seelok sekarang, kita wajib bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan ilmu kepintaran kepada orang-orang yang mempunyai andil atas perkembangan teknologi ini, entah siapapun itu yang jelas kecanggihan teknologi telah memberikan segala kemudahan, dulu  disaat kita membutuhkan suatu berkas atau dokumen kita harus bersusah payah mencari mesin fotocopy, untuk memperbanyak berkas yang kita perlukan. 

Tidak bisa kita prediksi berapa biaya yang habis  untuk menggandakan berkas-berkas tersebut. Pun dianggaran juga harus tertera biaya penggandaan untuk mengantisipasinya. dan itu untuk anggaran 1(satu) tahun.belum lagi ketika membuat pertanggungjawabannya. yang kalau dihitung pasti menghabiskan  kertas untuk administrasinya. 

Setelah email. Whatsapp adalah teman sehari-hari yang sangat kita butuhkan. Ketika suatu waktu kebetulan kita berada di Mall, kita boleh berselancar dengan aplikasi ini dan  dapat  mengurangi kebingungan . kita cukup jepret apa yang kita mau,kirim ke ...... dan tak lama kemudian balasan sudah ada dari yang kita tuju. praktis dan sangat membantu. Situasi sekarang dimana anak - anak sekolah dari rumah ,tentu mereka mempergunakan aplikasi Whatsapp dengan membentuk Group yang dibuat para guru.

Begitu banyak kemudahan yang diberikan WA tersebut, contoh  : suatu perintah tugas untuk semua staf dikantor ,pimpinan cukup   menshare ke tata usaha untuk diteruskan.  disaat bencana Covid 19 melanda hampir semua negara. yang dinegara kita diwujudkan dengan Surat Edaran dari beberapa Menteri untuk tidak lagi mengadakan perjalanan dinas, maka hampir semua surat - surat dinas dikirim melalui WA. dengan adanya beberapa group semakin mempermudah dan memperingan tugas kedinasan.

Mungkin para netizen sudah mengetahui bahwa Aplikasi WA sudah dapat diakses langsung ke Laptop sehingga kemudahan tersebut menjadi nyata. saya hanya memberikan sedikit pengalaman tentang kemudahan tersebut.  yang salah satu cara  biasa kami lakukan.. Apabila kita sudah download aplikasi  WA di laptop kita tinggal menyandingkan Android ke Laptop supaya QR tersambung. lalu kita buka android , klik tombol 3 di pojok kanan atas, pilih  menu  Whatsapp Web. 

Setelah itu lalu kita bidik kode QR yang sudah muncul. selanjutnya kita buka pesan WA yang didalamnya terdapat file/data yang ingin kita pindahkan ke laptop. kita pindahkan  ke folder baru untuk menjadi pertinggal buat kita,kalau-kalau file yang di Whatsaap hilang. selanjutnya kita tinggal Print. Praktis dan mudah, dan itu sah secara administrasi negara. 

Lalu cerita selanjutnya tentang komunikasi di Whatsaapp, Kalau sekarang Kementrian lagi getolnya menggunakan aplikasi Zoom untuk mengadakan rapat, maka untuk pertemanan dan keluarga bisa menggunakan Whatsapp  fitur video. yang tadinya hanya cukup 4 (empat) orang saja,kini bertambah menjadi 8(delapan) bahkan 50 (limapuluh) orang issunya  tapi saya belum pernah menggunakan muatan 50 orang, kami sudah menggunakan kapasitas 8 (delapan) orang, sangat membantu bagi keluarga yang berjauhan. berhubung saya tinggal dengan ibu yang sudah uzur,maka aplikasi WA  ini adalah salah satu cara untuk mendekatkan kami anak-anaknya. disaat semuanya sudah terhubung, saya hanya menambahkan headset ke telinga ibu supaya pembicaraan nyambung.(hehhehehe) dan ibu saya sangat senang. 

Masih banyak kemudahan kecanggihan teknologi sekarang , yang tentunya kita harus lebih bijak menggunakannya. Semua itu tentulah karena Kemurahan Tuhan Yang Maha Kuasa yang disalurkan kepada orang-orang bijak dan pintar sehingga kita bisa menikmatinya.

KITA PATUT BERSYUKUR

VIDEO PILIHAN