Mohon tunggu...
Arnys yunita
Arnys yunita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Favorit tentang kreativitas anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan Menjahit untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis, Fisik Motorik, dan Sosial Emosional Anak

7 Desember 2022   03:00 Diperbarui: 7 Desember 2022   03:10 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, mereka mempunya karakter unik yang sesuai tahap perkembangannya. Pada masa tersebut stimulasi aspek perkembangannya memiliki peran penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Adapun aspek-aspek perkembangan anak usia dini diantaranya aspek nilai agama moral, aspek bahasa, aspek kognitif, aspek fisik motorik, aspek sosial emosional dan aspe seni kreativitas. Selain aspek perkembangan, anak usia dini juga berada di tahap pertumbuhan. Dengan diberikannya gizi seimbang diharapkan anak usia dini bisa tumbuh sesuai usianya, jadi tahap perkembangan dan tahap pertumbuhan berjalan beriringan sesuai usianya.

Dan semua aspek perkembangan pada anak usia dini tersebut mampu dikembangkan menggunakan berbagai stimulus pembelajaran, salah satu tempat yang berperan penting untuk mengembangkan aspek-aspek tersebut adalah dilingkungan sekolah karena terdapat aktivitas dan alat permainan edukatif yang mendukung. Salah satu aspek yang dikembangkan yaitu aspek fisik motorik. Pada lembaga saya membuay suatu alat permainan sederhana menjahit, tujuan saya untuk melatih perkembangan fisik motorik halus anak, selain itu juga mampu melatih anak berfikir kritis dalam kegiatan menjahit. Kegiatan menjahit juga mampu mengembangkan sosial emosional anak yaitu sikap sabar, karena kegiatan menjahit perlu kesabaran dalam memasukkan talu pada setiap lubangnya. 

Dan terbukti kegiatan menjahit mampu melatih fisik motorik anak, sosial emosional anak dan mampu mengembangkan kemampuan berfikir kritis anak.

Seperti ini ape sederhana yang saya buat 

Cara membuatnya sangat muda, diantaranya :

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

1. Yang pertama hanya kita buat desan gambar buah & pohon apel menggunakan microsoftword

2. Kemudian print dan di laminating

3. Gunting sesuai bentuk gambar, tapi jangan terlalu mepet karena nanti laminating bisa lepas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun