Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakkan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan yang mencakup enam aspek diantaranya aspek nilai agama moral, sosial emosional, kognitif , bahasa, fisik motorik dan seni.Â
Pada salah satu aspek tersebut terdapat salah satu perkembangan yang sangat menunjang untuk anak dapat berinteraksi sosial dengan sesama yaitu aspek bahasa. Melalui kegiatan bercerita diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak terutama dalam mengungkapkan ide atau gagasan dengan lebih percaya diri baik didepan teman-temannya atau di depan orang yang baru dikenal anak.Â
Selain itu dengan metode bercerita anak dapat mengembangkan kosa katanya menjadi lebih banyak dan anak dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyampaikan suatu hal secara lisan. Maka disini penulis menggunakan buku gambar seri untuk membantu menstimulus perkembangan bahasa anak kelompok B TK Pertiwi Tanjungan wedi klaten dalam kegiatan bercerita.
Tujuan bercerita menggunakan buku gambar seri yaitu anak mampu menceritakan secara urut isi didalam buku gambar seri tersebut meskipun dengan bahasa anak sendiri, karena penulis membuat buku gambar seri tersebut dengan sedikit tulisan dengan gambar besar dan nyata sehingga anak lebih bebas mengungkapkan isi dalam buku gambar seri sesuai kosa kata anak. Buku gambar seri ini di desain menarik bagi anak, mudah dipegang, aman, isinya mudah dipahami anak dan dengan gambar yang nyata yang pernah dilihat anak secara langsung.
Penggunaan buku gambar seri:
1. Guru menjelaskan tema dan sub-sub tema kepada anak
2. Guru mendemonstrasikan cara memegang dan membuka buku gambar seri
3. Anak satu persatu giliran bercerita di depan guru atau didepan temannya menceritakan isi gambar seri tersebut sesuai dengan bahasa masing-masing anak
Alat dan bahan pembuatan buku gambar seri:Â