Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Poster Puan-Moeldoko yang Bicara Banyak Hal

21 Maret 2021   16:17 Diperbarui: 21 Maret 2021   16:36 177 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Poster Puan-Moeldoko yang Bicara Banyak Hal
Poster deklarasi dan dukungan dengan foto Puan Maharani sebagai calon presiden dan Moeldoko sebagai calon wakil presiden 2024 yang beredar di media sosial, Jumat (19/3/2021). (via Kompas.com)

Ragam komentar bermunculan sebagai reaksi atas munculnya poster bergambar Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Keduanya nampak gagah di foto itu, dengan kemeja putih, senyuman merekah, editannya nampak rapi sekali, seperti dipersiapkan dengan baik sesuai isi tulisan yakni deklarasi dan dukungan sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024.

PDI-P langsung berespon, menyebut bahwa itu adalah poster hoaks atau hanyalah bualan semata.

"Ya jelas hoaks, dilihat dari sudut logika, landasan filosofis-sosiologis-yuridis-politis, dari sudut timing, dari sudut kewajaran, dan dari suara langit," kata Politikus PDI-P Hendrawan Supratikno, seperti dikutip Tribunnews.com, Jumat (19/3/2021).

Bukan hanya PDI-P, kubu Moeldoko yakni Demokrat hasil kongres luar biasa (KLB) Deli Serdang juga memberikan tanggapan atas beredarnya poster tersebut. Kubu Demokrat Moeldoko menyebut bahwa ini adalah bagian dari serangan Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Jadi mereka itu menyerang dengan fitnah-fitnah. Ini kan dari kubu sana itu kita melihat jago fitnah, jago buat opini, yang seolah-olah nanti itu merugikan Pak Moeldoko sendiri," ujar panitia KLB Deli Serdang, Ilal Ferhard kepada wartawan, Jumat (19/32021).

Okay, mari kita lihat satu persatu ragam reaksi terhadap beredarnya poster Puan-Moeldoko ini.

Pertama, soal tanggapan PDI-P. Menurut saya, PDI-P memang perlu bergerak cepat untuk menanggapi hal ini, karena gambaran politik melalui poster ini bisa dikatakan sensitif sekali.

Begini maksud saya. Menuju 2024, PDI-P masih sangat berhati-hati menyusun formasi Capres Cawapres, karena beragam pilihan dan kepentingan di balik hal tersebut.

Kader PDI-P tentu saja bukan hanya Puan, masih ada Ganjar Pranowo atau bahkan Tri Rismaharini, itu baru soal kader, soal formasi bahkan terlihat lebih penting.

Pertanyaan sederhananya begini, jika Puan menjadi capres, lalu mau dikemanakan Prabowo Subianto, Ketum Gerindra, yang ditengarai akan didukung oleh PDI-P setelah bersedia menjadi bagian dari koalisi pemerintah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN