Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Lebih Kuat Mana, Anies-AHY atau Anies-Susi?

30 Januari 2021   14:57 Diperbarui: 30 Januari 2021   15:04 347 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebih  Kuat Mana, Anies-AHY atau Anies-Susi?
Anies-AHY atau Anies-Susi? I gambar : edit kolase Tribunnews

Gubernur DKI, Anies Baswedan kemungkinan besar akan tetap maju ke Pilkada DKI 2022 nanti. Alasan utamanya adalah mempertahankan singasana DKI 1 akan membantu Anies menuju perhelatan Pilpres 2024.

Jika tetap berada di DKI 1, maka stamina politik Anies dapat sedikit dihemat. Dia tetap mempunyai panggung untuk "menjual" dirinya, lalu DKI 1 akan menjadi jembatan menuju ke RI 1.

Nah, menarik untuk disimak adalah pasangan duet Anies nanti, tentu ini berkaitan dengan probabilitas kemenangan yang dipunyai nanti.

Meski masih belum jelas, karena Anies masih hati-hati dan Parpol juga masih malu-malu memproklamirkan, tapi paling tidak sampai sekarang ada dua nama yang disebut-sebut atau diprediksi beberapa pengamat politik bakal mendampingi Anies.

Nama pertama adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketua Umum Partai Demokrat ini juga dikabarkan menyisir kemungkinan untuk menggunakan kursi di DKI demi kepentingan Pilpres 2024 atau bahkan 2029. Berpasangan dengan Anies yang memiliki elektabilitas tinggi, akan menguntungkan bagi AHY.

Untuk kepentingan itu, AHY mau saja dipasangkan dengan Anies dan rela menjadi nomor dua untuk Pilgub DKI, dan bersiap menjadi DKI 1 sesudah Anies melepas jabatan saat mengikuti Pilpres 2024 nanti.

Jika ditilik, inilah kemungkinan yang paling mungkin bagi Anies karena keduanya memiliki simbiosis mutualisme. 

Anies yang hampir pasti akan diusung PKS membutuhkan tambahan dukungan Parpol yang memiliki kursi signifikan di DKI agar dapat mengusulkan pasangan calon.

Mari kita lihat petanya. PKS saat ini memiliki 16 kursi di DKI, artinya masih diperlukan paling tidak 6 kursi lagi untuk bisa mengusulkan bakal calon. Artinya dengan tambahan 10 kursi dari Demokrat maka sudah pasti akan lebih dari cukup.

Bagaimana dengan peluang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk berduet dengan Anies. Jika kita lihat, maka nama Susi diprediksi akan menjadi kuda hitam nanti, atau menjadi faktor penentu yang tak terduga di Pilkada DKI nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x