Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Waduh, Gara-Gara Joe Biden, Megawati dan JK Ingin Maju Capres 2024?

26 Januari 2021   07:26 Diperbarui: 26 Januari 2021   07:51 623 26 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waduh, Gara-Gara Joe Biden, Megawati dan JK Ingin Maju Capres 2024?
Jokowi bersama Megawati dan JK pada 2014 laluI Gambar : AFP.Bayu Ismoyo via Kompas.com

"Ini cerita ketika tulang mulai menua, masih mungkin ada hasrat yang menggebu-gebu, berkumpul dan bernyanyi seperti dulu..."- Fourtwenty, dalam "Kita Pasti Tua".

Sepenggal lirik lagu Fourtwenty itu memaut, menandas bahwa meski sudah mulai uzur, tetapi hasrat dan ambisi bisa saja tetap membukit, terkadang bisa lupa terhadap keadaan bahwa fisik sudah tak bisa lagi, namun di politik ada perkecualian di sana.

Nama Megawati dan Jusuf Kalla (JK)  tiba-tiba kembali didengungkan kembali oleh beberapa pengamat politik. Para pengamat politik itu mengatakan bahwa kedua politisi senior-- jika tak mau dibilang lanjut usia itu, akan turun mengelanggang di Pilpres 2024 nanti.

Ada apa gerangan? Ternyata pemicunya adalah kemenangan Joe Biden di Pemilu Amerika Serikat (AS) lalu. Kesuksesan Joe Biden yang sudah tak muda lagi itu, membuat nama Mega dan JK kembali diapungkan untuk dapat bersaing pada Pilpres 2024 nanti.

Untuk informasi, Joe Biden berusia 78 tahun, seumuran dengan JK,  sedangkan Megawati berusia 74 tahun. Jadi jika JK turun di Pilpres 2024 maka diakan berusia 82 tahi sedangkan Mega berusia 78 tahun.

Akan tetapi mari kita lihat fenomena ini dari beberapa perspektif.  Pertama, kontistusi kita memang tidak membatasi usia untuk ikut dalam kontestasi pemilu, ini memang dapat dijadikan alasan bagi Mega dan JK jika benar-benar berhasrat untuk mengikuti pilpres nanti.

Artinya ketika, usia 78 dan 82 tidak berhasil, masih bisa lagi di usia 83 dan 87 lagi, tentunya dengan syarat lolos tes kesehatan saja.

Kedua, yang membatasi Mega dan JK, adalah diri mereka sendiri dan bagaimana partai politik melihat dahaga terhadap regenerasi kepemimpinan yang hari demi hari terus membukit.

Kita ambil pendapat dari akal rumput saja, banyak sekali komentar yang bermunculan ketika nama Mega dan JK kembali diapungkan untuk Pilpres 2024, dan mayoritas akan ngomong " tidak ada yang lain lagi kah?".

Memang ini bukan berarti bahwa Mega dan JK tidak punya kapabilitas, tetapi mungkin keduanya perlu berpikir untuk merubah peran, seperti menjadi King Maker, yang sebenarnya Mega sudah berhasil lakukan pada Jokowi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN