Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jika Mumtaz Jadi Menteri Jokowi, Wajah Amien Rais Mau Ditaruh di Mana?

5 Juli 2020   10:38 Diperbarui: 5 Juli 2020   10:44 235 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Mumtaz Jadi Menteri Jokowi, Wajah Amien Rais Mau Ditaruh di Mana?
Amien Rais dan Mumtaz Rais | Gambar: politiktoday

"Politik ini adalah the art of possibility. Seni dari segala kemungkinan. Saya tidak ingin mendahului takdir Allah, apalagi berandai-andai yang muluk-muluk. Bahkan posisi wamen saja tidak jadi masalah, yang penting capable untuk turut membantu rencana-rencana besar Pak Presiden untuk memakmurkan negeri. Siap melakukan yang terbaik,".

Kalimat langsung diatas diungkapkan oleh Ahmad Mumtaz Rais, Ketua DPP Partai Amanah Nasional (PAN) Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK) untuk menanggapi kabar tentang PAN yang menawarkan kepada Presiden Jokowi agar ada kadernya yang dijadikan menteri, dan santer orang itu adalah Mumtaz.

Paling tidak ada dua poin yang ingin disampaikan oleh Mumtaz. Pertama, dalam konteks Politik sebagai the art of possibility, seni kemungkinan, maka bisa saja Jokowi menunjuk dirinya, meski secara koalisi, PAN bisa disebut berada di garis pinggir saja. PAN masih menonton, dan berharap mendapat kesempatan untuk dilirik.

Kedua, hasrat menteri bahkan seperti dinomorduakan oleh Mumtaz dengan mengatakan bahwa jika menjadi wamen juga tidak masalah. PAN dan Muntaz seperti sangat bergairah masuk ke dalam pemerintahan dengan pasrah pada keinginan Jokowi saja, apa saja jabatannya ya okelah.

Ini tentu biasa jika melihat perilaku PAN dalam konstelasi politik nasional. Pola yang sama pernah terlihat sesudah Pilpres 2014 silam. 

Berada di posisi lawan pada Pilpres---saat itu PAN berada di pihak Prabowo-Hatta Rajasa, setahun kemudian (2015), saat reshuffle kabinet, PAN meminta untuk diikutkan untuk masuk pemerintahan, dan saat itu memang permintaan itu diterima oleh Koalisi Jokowi.

Akankah kali ini PAN juga mendapat "keberuntungan" yang sama? 

Jika dari posisi koalisi pemerintahan, kemungkinan itu tetap ada, bahkan besar pula mengingat tabiat politik Jokowi sangat jelas, satu kawan baru amatlah berharga sebagai aset kekuatan politik, sehingga akan lebih menarik melihat kemungkinan ini dari sisi internal PAN, khususnya relasi Mumtaz, PAN dan Amien Rais.

Mumtaz adalah anak ketiga dari Amien Rais, dan Amien Rais adalah tokoh politik yang hampir selalu tidak sehaluan dengan Jokowi dengan serapah politik mengkritik Jokowi. 

Terakhir, Amien Rais bahkan menyebut Jokowi sedang bersandiwara politik saat marah kepada para menterinya karena dianggap kurang memiliki sense of crisis dalam menangani pandemi virus Corona (COVID-19).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x