Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Ini Pesan Jokowi Lewat Pembagian Sembako Secara Langsung pada Masyarakat

11 April 2020   21:16 Diperbarui: 11 April 2020   21:24 359 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Pesan Jokowi Lewat Pembagian Sembako Secara Langsung pada Masyarakat
Presiden Jokowi I Foto : Net

"Seorang pemimpin adalah pemberi sebuah harapan bagi para pengikutnya." -- Napoleon Bonaparte

TIDAK ADA SATUPUN pemimpin dunia saat ini yang menepuk dada bahwa dia adalah pemimpin yang hebat dalam menghadapi virus Corona atau Covid-19.  Donald Trump, Vladimir Putin dan  Xi Jinping sudah kalang kabut oleh virus yang belum ditemukan vaksinnya dan akhirnya menjadi pandemi global  ini.

Seribu satu macam cara telah coba untuk dilakukan, tetapi tidak ada yang dapat dikatakan sempurna dapat menghentikan penyebaran Covid-19 di negaranya masing-masing. Akhirnya, di situasi dan keadaan yang sulit ini, yang terpenting bagi seorang pemimpin adalah memastikan bahwa rakyat yang dipimpinnya tetap terus mempunyai harapan dan mau bersama berjuang bersama menghadapi badai covid-19 ini. 

Dua hari lalu, sebuah video yang beredar menunjukkan mobil kepresidenan RI-1 berhenti di tengah jalan, lalu beberapa anggota paspampres tampak membawa bingkisan sembako dari bagasi mobil dan dibagikan ke driver ojek online yang berada di lokasi. Terlihat senyum dari para driver ojek online tersebut.

Ketika video itu mulai viral di media sosial, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin akhirnya mayumenjelaskan, bahwa  hal itu memang diinisiasi Presiden selepas Jokowi pulang dari Istana Merdeka, Jakarta sekitar pukul 17.00 WIB menuju Istana Bogor, Jawa Barat.

"Sepanjang Kemayoran itu Presiden membagi bagikan sembako, 400 paket sembako," kata Bey,  Kamis (9/4).

Lebih jauh dijelaskan bahwa sembako itu berisi beras, minyak, mi instan, hingga susu kotak  dan diberikan di beberapa titik mulai dari Jalan Harmoni hingga Kemayoran. Tidak hanya ojek online saja yang diberikan. para pedagang asongan juga mendapat sembako.

Pembagian ini memang nampak diam-diam tanpa publikasi yang besar, sehingga ketika hal yang sama juga dilakukan pada Jumat malam, baru dikonfirmasi hari ini.

Pada Jumat malam (10/4/2020), Jokowi membagikan sembako di sekitar Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Adalah Paur Humas Polresta Bogor Kota Ipda Desty Irianti yang memberikan keterangan tentang pembagian sembako tersebut.

Desty menyebut acara pembagian sembako itu tak lama, hanya sekitar 20-30 menit. "Bapak itu kan dari Tugu Kujang ke arah Ekalokasari, jadi cuma putar balik aja. Karena tahu Pak Jokowi mau bagikan sembako, mungkin masyarakat pada keluar gitu aja, sebentar aja kok nggak lama," ujar Desty.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN