Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Memuji Jokowi, Anies Baswedan Menjalankan Tugas Sebagai "Mezzala"?

11 Januari 2020   06:40 Diperbarui: 11 Januari 2020   07:05 1256 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memuji Jokowi, Anies Baswedan Menjalankan Tugas Sebagai "Mezzala"?
Sumber Gambar : Tribun

Gaya bermain yang terlihat simpel padahal cukup rumit. Oleh karena itu peran ini harus biasa diperankan oleh pemain yang berbakat, memiliki kemampuan teknik, kecerdasan membaca permainan, mampu mengoper bola, dan tahu kapan momen tepat untuk melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. 

"Ini semua tidak mungkin terjadi bila tidak ada arahan leadership yang kuat," kata Anies.

Pujian diberikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada Presiden Jokowi. Apresiasi itu disampaikan Anies kala meresmikan PT Moda Transportasi Terintegrasi Jabodetabek di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

"Pertama, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Presiden, Pak Jokowi, yang telah memberikan support penuh dan peran sentral sehingga integrasi bisa terjadi. Ini kita sampaikan apresiasi," kata Anies saat itu.

Bukan itu saja, para pembantu Presiden juga diapresiasi oleh Anies. Menteri BUMN Erick Thohir dikatakan adalah pihak yang selalu all-out memfasilitasi proses integrasi ini, sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi disebut sebagai pemberi spirit terciptanya sistim moda ini.

Bisa jadi pujian ini adalah oase di padang gurun. Apa pasal, Anies akhir-akhir ini memang kerap diframe bersilang pendapat dengan Jokowi beserta bawahannya, khususnya tentang penanganan banjir, normalisasi atau naturalisasi.

Sekejap, silang pendapat ini dibawah menjadi bahan adukan politik. Mantan menteri Jokowi ini ingin membangkang, atau memang lagi mempertahankan posisi serta bermanuver demi jalan mulus menuju kandidat Presiden 2024.

Padahal, demi kepentingan publik, harapannya adalah satu, saling sinergi, akur dan dapat duduk semeja mencari solusi terbaik memecahkan masalah dan bersama-sama mengeksekusi kebijakan yang disepakati demi kepentingan bersama.

Istilah Mezzala di Sepak Bola

Jika kita melihat dari kacamata sepak bola. Jika mau berjalan dengan baik, peran Anies dapat menjadi berguna dan bahkan jika mau dan mampu bertugas sebagai seorang mezzala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN