Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Seberapa Pantas Messi atas Penghargaan Ballon d'Or 2019?

3 Desember 2019   16:57 Diperbarui: 6 Desember 2019   03:50 0 7 3 Mohon Tunggu...
Seberapa Pantas Messi atas Penghargaan Ballon d'Or 2019?
Lionel Messi meraih gelar Ballon d'Or 2019 I Gambar : Tribun

"Tak terbayangkan bisa memenanginya sekali saja, apalagi enam kali. Sangat menggembirakan bisa mendapatkan enam Ballon d'Or. Sangat menyenangkan mendapatkan pengakuan dari orang lain dan ini membuatku bangga,"-  Lionel Messi.

Chatelet Theatre, Paris menjadi saksi ketika Lionel Messi mampu menorehkan rekor sebagai pesepakbola pertama di jagat ini yang mampu meraih gelar Ballon d'Or untuk keenam kalinya,satu kali lebih banyak dari Ronaldo yang meraih lima kali gelar juara. 

Dalam urutannya, Leo Messi, diikuti Virgil Van Dijk, Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane.

Prestasi yang luar biasa bagi Messi, namun juga melahirkan kontroversi. Di tengah raihan gelar dan kebahagiaan dari La Pulga tersebut, masih ada tanda tanya dalam sebuah pertanyaan, "Apakah Messi Pantas meraih Ballon d'Or 2019?"

Untuk yang menjawab tidak, alasan yang digunakan adalah sebuah pertanyaan, " Apakah Messi telah memenangi gelar Liga Champions musim lalu?". 

Wajar sekali jika pihak yang kontra mengajukan pertanyaan seperti ini, karena seringkali ukuran mendapat gelar Balon d' Or adalah pencapaian gelar bersama klub yang dianggap prestisius di musim lalu.

Jika pada musim tersebut tidak berlangsung Piala Dunia atau Piala Eropa, maka ukurannya adalah Liga Champions.

Di ajang Liga Champions, Messi dan Barcelona tidak ada apa-apanya karena sudah  tersingkir di babak semifinal dari Liverpool. Saat itu, di Anfield, Barcelona yang sudah unggul 3-0 di Camp Nou, hancur lebur dari Virgil Van Dijk cs dengan skor 0-4.

Pada akhirnya Liverpool terus melangkah mulus menjadi juara setelah  mengalahkan klub Inggris lainnya, Tottenham Hotspurs di final. Oleh karena itu pula,  Virgil Van Dijk bersama koleganya Sadio Mane dinominasikan menjadi calon kuat peraih Balon D'or.

Lalu kembali ke pertanyaan awal apakah Leo Messi pantas meraih gelar Ballon D' Or? Jika perspektifnya adalah capaian gelar, maka Messi bukan nir gelar. Bersama Barcelona, Messi mampu meraih gelar La Liga, Piala Super Spanyol. Dua gelar yang prestisius di tanah Spanyol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x