Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi "Mesra" dengan Sandiaga Uno di Sidang MPR, Jaminan Posisi Menteri?

16 Agustus 2019   15:44 Diperbarui: 16 Agustus 2019   15:51 0 1 1 Mohon Tunggu...
Jokowi "Mesra" dengan Sandiaga Uno di Sidang MPR, Jaminan Posisi Menteri?
Cawapres Pilpres 2019, Sandiaga Uno hadir di Sidang Tahunan MPR I Gambar : Kompas.com

"Sahabat saya Bapak Sandiaga Uno," kata Jokowi. Kamera langsung menyorot Sandiaga Uno ketika Jokowi menyapa Sandiaga dengan sebutan "Sahabat". Sandiaga yang duduk di sebelah KH.Ma'ruf Amin itu langsung tersenyum, Sidang Tahunan MPR 2019 terasa begitu cairnya.

Seusai sidang Sandiaga lantas merespons baik sapaan Jokowi "Kami sangat terhormat, terima kasih Pak Jokowi," ujar Sandiaga saat ditemui usai pidato.

Sandiaga  mengaku bahwa dirinya telah bersahabat dengan Jokowi sejak lama. Sandiaga mengatakan, meskipun ia dan Jokowi berkontestasi dalam Pilpres 2019, saat ini keduanya bekerja sama untuk memajukan Indonesia

Sandiaga Uno memang hadir di Sidang Tahunan MPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta untuk mewakili Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Undangan tersebut diberikan kepada Prabowo Subianto, namun Prabowo terpaksa absen karena memiliki agenda lain yang tak kalah penting dan tidak dapat diwakilkan.

Mengenakan jas dan peci hitam, Sandiaga memang sedikit menyita perhatian. Menempati barisan duduk paling depan, Sandiaga "setara" dengan para undangan penting lain yang juga hadir, seperti presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno.

Kemesraan yang diperlihatkan Jokowi dengan menyebut Sandiaga sahabt dari panggung ini bisa jadi dapat dimaknai dalam dua hal.

Pertama, tensi politik kita memang betul-betul sudah cair, atau rekonsiliasi itu memang berjalan baik. Sandiaga tidak menolak untuk hadir, meski Prabowo berhalangan. Sebagai orang timur, Jokowi melihat kehadiran Sandiaga menyejukan dan oleh karena itu perlu diapresiasi.

Kedua, Sandiaga semakin mendekat ke kursi menteri dalam kabinet Jokowi jilid II, sebuah wacana yang sempat mereda tetapi berbalik menguat akhir-akhir ini.

Terakhir, Sandiaga Uno mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berencana membentuk kementerian baru khusus investasi.

Menurut Sandi,  rencana Jokowi tersebut menunjukkan pentingnya sektor ekonomi di masa pemerintahan ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x