Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Menyimak Gestur SBY, Tanda Marah pada Prabowo

4 Juni 2019   17:53 Diperbarui: 5 Juni 2019   17:24 304 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyimak Gestur SBY, Tanda Marah pada Prabowo
SBY di Cikeas | Gambar: Kompas.com

Pada awalnya Cikeas terlihat bersahaja menyambut Prabowo. Kedatangan Prabowo membuat SBY bersama rumpun keluarga yang sedang dirundung duka menjadi terhibur. Bukankah itulah hakikat sesungguhnya dari kedatangan sanak saudara, handai taulan ke tenda duka? Menghibur bukan menyakit, menguatkan bukan melemahkan.

SBY pada awalnya terlihat bersahabat, bahkan ketika Prabowo hendak menyampaikan sepatah dua patah kata di depan wartawan, SBY ikut menemani. Namun, semuanya sekejap berubah ketika Prabowo mulai bicara ngawur tentang pilihan politik Ibu Ani Yudhoyono.

Wajah SBY mulai berubah, gesture kedua tangannya juga menampakan bahwa SBY gusar, bahkan seiring dengan wajahnya yang mulai terlihat emosi, marah.

Baca Juga : Belajar dari Kesalahan Komunikasi Fatal Prabowo di Tempat Duka

Kita dapat menilai bagaimana kepribadian, kebenaran perkataan, bahkan mengetahui perasaan seseorang yang sebenarnya melalui gestur atau isyarat atau melalui bahasa tubuh,

Bahasa tubuh bersifat universal atau umum, artinya semua orang di dunia menggunakannya tanpa dibatasi oleh perbedaan bahasa. Oleh karena itu, bahasa tubuh dianggap lebih kaya dengan makna dan arti dibanding bahasa verbal yang hanya berupa kata-kata saja.

Jika kita kembali melihat apa yang dilakukan oleh SBY, maka paling tidak ada dua isyarat bahasa tubuh atau gesture yang menunjukan kalau SBY mulai terlihat tidak simpatik dengan yang dilakukan Prabowo.

Pertama, soal gerakan tangan. Ketika Prabowo mulai berbicara, kedua tangan SBY masih nampak seperti biasa, tangannya masih berada di bagian bawah, tidak menggenggam utuh, tapi jari dari kedua tangannya saling bersentuhan satu sama lain.

Gestur ini dapat berarti bahwa SBY sedang menunggu atau penasaran apa yang akan dikatakan oleh Prabowo, SBY. Jika kita membaca beberapa referensi lain, sikap SBY ini juga dapat berarti bahwa  seseorang ini sedang tidak sabar menunggu sesuatu karena ada banyak hal yang harus dia lakukan.

SBY nampak menunggu, sebelu melipat tangan | Gambar: Tangkapan Youtube
SBY nampak menunggu, sebelu melipat tangan | Gambar: Tangkapan Youtube
Gerakan ini tidak berubah, sampai ke titik dimana, Prabowo mulai menyinggung pilihan politik Ibu Ani. Ketika hal itu (pilihan politik Ibu Ani) dikatakan Prabowo, SBY lantas langsung melipat kedua tangan di dada.

Arti dari gerakan melipat tangan di dada adalah ketika seseorang merasa perlu membela diri (defensif) atau bisa jadi ia tidak setuju dengan sesuatu. Ketika ada sesuatu yang tidak berkenan di pikirannya, seseorang mulai melipat tangan dan berpikir, dia bisa kecewa dan marah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN