Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Artikel Utama

Makna di Balik Ucapan Selamat SBY untuk Jokowi

22 Mei 2019   05:44 Diperbarui: 22 Mei 2019   12:13 0 19 5 Mohon Tunggu...
Makna di Balik Ucapan Selamat SBY untuk Jokowi
Jokowi dan SBY I Gambar : Tribunnews.com

"Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6 atas kepercayaan rakyat yang diberikan kepada Bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang, saya menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad mulia Bapak berdua untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil tanpa kecuali," kata SBY.

Melalui video, SBY memberikan ucapan selamat untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin. Meskipun prosesnya masih berlanjut ke Mahkamah Konsitusi (MK) karena pihak Prabowo Subianto masih melayangkan gugatan, namun bagi SBY, Jokowi sudah menjadi pemenang.

Ucapan selamat SBY sekali lagi membuktikan kenegarawanannya. Di dalam ucapan selamatnya, Presiden RI keenam tersebut, mengatakan bahwa sikapnya ini adalah sebagai bentuk rekonsiliasi, yang disebutnya sebagai pembasuhan luka anak bangsa.

"Juga awal yang indah bagi terbasuhnya luka di antara anak bangsa, serta bagi rekonsiliasi dan bersatunya kembali anak bangsa secara terhormat," kata SBY.

Luka anak bangsa yang dimaksud SBY tentu adalah karena adanya polarisasi yang semakin menguat dan meruncing di masa kampanye hingga pengumuman KPU. Anak bangsa saling menuding menyerang dan menganggap diri lebih baik dari berbagai klaim yang diucapkan.

Sebagai seorang negarawan, SBY berdoa agar hal itu dapat terselesaikan ketika para pemimpin dan elit dapat saling bersilahturahmi, bertemu dengan bangsa dan negara.

"Doa dan harapan semoga Pemilu 2019 ini segera berakhir dengan baik, damai, dan indah, agar bangsa dan negara kita segera melangkah ke depan untuk membangun hari esok yang lebih baik" tambah SBY.

***

Sebagai sebuah ucapan selamat yang tentu saja meneduhkan, tak dapat dipungkiri juga bahwa ada makna lain yang berada di balik pernyataan yang dapat disebut pernyataan politik.

Harus diakui bahwa ucapan selamat SBY ini ada di antara mengejutkan dan tidak mengejutkan bagi publik. Dari pihak Demokrat, selama ini, SBY tidak terlalu nampak terlibat aktif dalam kontestasi Pilpres paska pemungutan suara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x