Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi... Email : arnoldadoe@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Mengenal Oscar Niemeyer, Arsitek Kota Brasilia

8 Mei 2019   00:28 Diperbarui: 8 Mei 2019   01:36 0 2 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Oscar Niemeyer, Arsitek Kota Brasilia
Oscar Niemeyer dan Karyanya, Katertal Of Brasilia I Gambar :Learnodo

"Architecture has to be pretty. It has to amaze; to be a masterpiece. I always try to bring beauty and amazement." --  Oscar Niemeyer. 

6 Desember 2012.  "Brasil kehilangan salah satu tokoh genius. Hari ini adalah hari untuk bersedih atas kematiannya, dan hari untuk memuji apa yang ia capai," kata Presiden Dina Rousseff.

Kata-kata Rousseff  menggambarkan Brasil yang sedang berduka, arsitek dunia kebanggaan Brasil meninggal dunia.  Pria itu bernama lengkap Oscar Ribeiro de Almeida Niemeyer Soares Filho, atau sering disebut Oscar Niemeyer.

Siapa orang Brasil yang tidak mengenal pria kelahiran Rio de Janeiro, tanggal 15 Desember 1907 ini? Niemeyer membuat nama Brasil harum di dunia internasional saat terlibat lansung pada desain dari kantor pusat Markas Besar PBB di New York pada tahun 1947.

Menurut beberapa cerita, sebenarnya desain Niemeyer yang diterima oleh Design Council untuk proyek tersebut, namun karena Niemeyer belum terlalu dikenal, maka Niemeyer harus bekerjasama dengan arsitek legendaris asal Prancis, Le Corbusier.

Akan tetapi, banyak sumber juga yang mengatakan bahwa konsepnya memang adalah milik Le Corbusier yang menariknya mendapat isnpirasi saat mengunjungi Rio De Janeiro pada 1936, dan akhirnya mengajak Neimeyer muda untuk bekerjasama dalam proyek tersebut. Di catatan sejarah, Gedung PBB memang dirancang oleh Le Corbusier dan Niemeyer.

Niemeyer menamatkan pendidikan arsitekturnya di Escola Nacional de Belas Artes (National School of Fine Arts) di Rio de Janeiro pada tahun 1934. Setelah bertemu Le Corbusier pada 1936, tiga tahun sesudahnya karya Niemeyer mulai dikenal dunia internasional, saat merancang paviliun Brasil untuk 1939 New York World's Fair.

Gaya arsitek Niemeyer yang progresif dan atraktif, memang amat memesona. Ketika Brasil masih meniru arsitek klasik Eropa, Niemeyer menunjukan bagaimana arsitektur modern bisa lahir dengan gaya berbeda di Brasil.

Niemyer juga arsitek yang menyanjung keindahan dengan unsur/elemen estetika yang out-of-the box dalam karyanya. Perhatian yang lebih terhadap aspek estetika dalam proses berarsitekturnya yang membuat dia dipercaya menangani desain gedung-gedung besar dan bersejarah.

Pertemuan dengan Juscelino Kubitschek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3