Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Menerka Kiprah Gonzalo Higuain di Chelsea

24 Januari 2019   21:24 Diperbarui: 25 Januari 2019   11:23 0 8 1 Mohon Tunggu...
Menerka Kiprah Gonzalo Higuain di Chelsea
Gonzalo Higuain resmi bermain di Chelsea I Gambar : Marca

Striker asal Argentina, Gonzalo Higuain telah resmi menjadi striker baru Chelsea. The Blues memilih opsi mendatangkan Higuain dengan status pinjaman sampai 30 Juni 2019. Higuain sebelumnya di AC Milan berstatus pinjam pakai dari klubnya, Juventus.

Artinya, The Blues mengambil hak pinjam pakai milik AC Milan. Klub asal London tersebut juga memiliki kesempatan untuk memperpanjang durasi peminjaman hingga 30 Juni 2020 dengan biaya mencapai 18 juta euro, atau dapat membelinya secara permanen dengan 36 juta euro dari Juventus.

Apakah Higuain akan sukses di Chelsea? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kebijakan transfer ini. Jawabannya beragam, ada yang mengatakan bahwa ini sebuah perjudian besar, ada yang mengatakan bahwa ini dapat gagal dan ada yang yakin Higuain dapat berhasil dan bersinar di Chelsea.

Salah satu yang meragukan transfer Higuain adalah eks pemain Chelsea, Pat Nevin. Nevin mengatakan persoalan utama yang mungkin dihadapi oleh Higuain adalah adaptasi.  Adaptasi terhadap gaya main sepak bola Inggris dan juga adaptasi dengan rekan baru.

"Memang ia pernah bekerja sama dengan pelatihnya saat ini, namun situasinya tidak semudah itu. Bagaimana ia bisa beradaptasi dengan lingkungan dan rekan-rekan setimnya yang baru ketika ia datang di tengah musim?" ucap Nevin.

"Seorang striker selalu ingin menjadi sosok utama ketika mereka datang ke klub. Namun jika melihat karakteristik pemain yang ada di Chelsea saat ini, saya hanya bisa mendoakan ia semoga beruntung." tambah Nevin.

Gaya bermain Sepak bola Italia yang taktikal dan cenderung sedikit lambat tentu berbeda dengan gaya Inggris yang cepat dan mengandalkan stamina. Higuain bisa saja kesulitan untuk menyesuaikan dan tentunya butuh lebih banyak waktu untuk itu.

Jurnalis kenamaan Eropa, Duncan Castles juga mendukung pertanyaan Nevin. Castles mengatakan bahwa transfer Higuain ibarat sebuah perjudian besar dengan mendatangkan Higuain yang sekaligus "melempar" striker lain, Alvaro Morato ke Atletico Madrid. Belum tentu Higuain akan lebih baik dari Morata.

Castles memberi contoh menyorot tentang kegagalan pembelian dalam diri Alvaro Morata. "Jika Higuain gagal di tim ini, maka Chelsea akan mendapatkan rasa malu yang besar di hadapan publik. 16 bulan yang lalu mereka memecahkan rekor transfer untuk membeli Morata, di mana saat itu media Inggris menyebut Chelsea melakukan pembelian yang sangat luar biasa." ujar Castles.

"Jika Higuain karena satu dan dua hal tidak bisa beradaptasi dengan tim ini, maka saya yakin ini adalah akhir dari karir Maurizio Sarri di Chelsea." tambah Castles.

Namun Castles juga memberi sedikit semangat optimisme bagi pendukung The Blues. Bagi Castles, perekrutan Higuain mempunyai potensi sukses yang cukup besar. Alasan Castles sederhana, Higuain pernah diasuh Maurizio Sarri sehingga mengetahui gaya Sarri yang dikenal dengan Sarri-ball.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3