Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Real Madrid Unggul di Allianz Arena

26 April 2018   04:21 Diperbarui: 26 April 2018   15:29 0 2 0 Mohon Tunggu...
Real Madrid Unggul di Allianz Arena
Foto: Hindustantimes.com

Juup Heynckes hanya bisa menggerakan alis matanya sesudah Assensio mencetak gol kedua Madrid. Heyncks mungkin ingin mengatakan bahwa dalam pertandingan sebesar ini kesalahan fatal mengumpan yang dilakukan oleh Rafinha, memang harus dibayar mahal. Bayern 1, Madrid 2.

******

Awal pertandingan sepertinya berjalan seperti yang diperkirakan. Bayern bermain dengan formasi 4-3-3. Tanpa Vidal di tengah, lini tengah mereka diperkuat oleh James, Mueller dan Martinez. Di depan trio lawas mereka Lewandowski, Robben dan Ribery tetap menjadi andalan.

Madrid juga melakukan pendekatan 4-3-3 yang mudah berubah menjadi 4-3-1-2. Ronaldo menjadi penyerang utama ditemani oleh Lucas Vasquez dan Isco yang bisa bergerak dengan begitu fleksibel.

Bermain dengan formasi demikian, bola memang lebih banyak berkutat di lini tengah. Apa pasal, karena kedua kesebelasan pintar untuk menutup pergerakan dari titik sayap dan bek sayap mereka juga msih terlihat hati-hati untuk overlap untuk membantu penyerangan. Kedua tim hanya perlu menunggu peluang dari terbukanya celah yang dapat dimanfaatkan.

Meski sempat kehilangan Robben yang harus ditarik keluar di awal pertandingan karena cedera, kesempatan itu akhirnya datang pertama kalinya bagi Bayern. Marcelo yang terlambat mundur ke belakang membuat bek kanan Bayern, Kimmich leluasa bergerak di ruang kosong yang ditinggalkan.

James yang membaca pergerakan Kimmich melepaskan umpan matang yang tidak disia-siakan Kimmich. Menit ke-28, gawang Keylor Navas bobol. Bayern 1, Madrid 0.

Sesudah gol itu, kembali pertarungan tetap lebih banyak di lini tengah, meski Bayern memang lebih banyak menguasai bola. Ketika pertandingan babak pertama akan ditutup dengan keunggulan tipis Bayern, Marcelo seperti menutup dosanya.

Menerima bola liar dari sisi kanan, secara spekulasi Marcelo melepaskan tendangan kaki kiri keras dari luar kotak penalti Bayern dan gol. Menit ke-44, Skor menjadi imbang 1-1.

Babak kedua, Bayern terlebih dahulu mengambil inisiatif serangan. Pergerakan Ribery sering menjadi momok yang berbahaya bagi lini pertahanan Madrid, terutama membuat Carvajal harus pontang-panting. Namun di tengah angin serangan Bayern, kesalahan dibuat Rafinha di menit ke-57.

Tak sempurna mengumpan bola jatuh ke kaki Vasquez. Melihat pergerakan Assensio yang terbuka,   Vasquez memberikan bola pada Assensio yang dengan dingin menjaringkan bola ke gawang Ulriech. Madrid balik memimpin 2-1 di Allianz Arena, kandang Bayern.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3